Video Asli Sudah Dihapus, "Lelaki Kerdus" Masih Beredar di YouTube - Kompas.com

Video Asli Sudah Dihapus, "Lelaki Kerdus" Masih Beredar di YouTube

Kompas.com - 01/07/2016, 07:59 WIB
YouTube Lelaki Kerdus banyak diunduh dan diunggah kembali oleh pengguna YouTube. Video ini pun masih bisa ditemukan dengan mudah di layanan video sharing tersebut, menurut pantauan KompasTekno, Kamis (30/6/2016).

KOMPAS.com - Menjelang akhir minggu ini, video musik “Lelaki Kerdus” membuat heboh jagat internet Tanah Air lantaran menampilkan sosok anak-anak menyanyikan lagu dengan lirik yang tidak pantas untuk mereka

Lirilk lagu "Lelaki Kardus" yang beredar melalui YouTube tersebut menggambarkan adegan kekerasan dalam rumah tangga dan perilaku selingkuh, berikut kekecewaan anak terhadap ayah yang menduakan ibunya. Ada juga beberapa kata makian kasar.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berencana mengirim surat ke Google selaku pemilik YouTube agar menghapus video yang bersangkutan. Pengunggah video juga telah dihubungi dan telah menarik konten tersebut dari YouTube.

Meski begitu, menurut pantauan KompasTekno pada Jumat (1/7/2016) pagi, “Lelaki Kerdus” masih banyak beredar di YouTube lewat sejumlah pengguna yang telah mengunduh kemudian mengunggah kembali tayangan itu.

Facebook Video Lelaki Kerdus juga beredar di Facebook.

“Lelaki Kerdus” pun merambah media sosial lain seperti Facebook. Sebagian pengguna Facebook menulis posting tentang video ini turut mencantumkan tautan menuju YouTube.

Padahal, lembaga Perlindungan Anak (LPA) Indonesia telah meminta semua pihak agar tidak menyebarluaskan tayangan video “Lelaki Kerdus” di berbagai media sosial.

LPA Indonesia juga mengajak masyarakat agar tidak memberikan komentar yang merendahkan anak-anak, selama video tersebut masih ada di media online. Konten video yang tidak ramah anak di internet bisa dilaporkan ke Kemenkominfo melalui alamat e-mail aduankonten@mail.kominfo.go.id.


PenulisOik Yusuf
EditorReza Wahyudi

Close Ads X