Microsoft dan Belajar "Coding" Kilat 4 Menit

Kompas.com - 01/07/2016, 15:07 WIB
Tampilan aplikasi Hour of Code edisi Minecraft yang dipakai untuk mengajarkan dasar ilmu pemrograman pada anak-anak, saat diperlihatkan dalam acara Micorosft Philantropies Summit, di Singapura, Rabu (29/6/2016) Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comTampilan aplikasi Hour of Code edisi Minecraft yang dipakai untuk mengajarkan dasar ilmu pemrograman pada anak-anak, saat diperlihatkan dalam acara Micorosft Philantropies Summit, di Singapura, Rabu (29/6/2016)
|
EditorDeliusno

SINGAPURA, KOMPAS.com - Mempelajari ilmu komputer ternyata tak selalu rumit dan butuh waktu lama. Setidaknya, untuk sekadar memahami konsep dasar dan berkenalan dengannya, bisa dilakukan dalam 4 menit saja atau dalam istilah Microsoft disebut sebagai speed geeking.

Untuk memahami bahasa coding dalam 4 menit, bisa menggunakan dua peranti lunak milik Microsoft, yakni Kodu dan Hour of Code: Minecraft.

Karena memang dirancang khusus untuk anak-anak, konten pelajaran coding pun disajikan dengan sangat sederhana dan menyenangkan, layaknya sebuah game saja.

Namun, benarkah semudah itu? Benarkah hanya butuh 4 menit untuk mempelajari dasar-dasar coding menggunakan dua aplikasi tersebut?

Saat menghadiri konferensi Microsoft Philantropies yang diselenggarakan 28-29 Juni lalu, KompasTekno sempat menjajal kedua aplikasi itu.

Microsoft sendiri hanya memberi waktu 4 menit untuk menjajal masing-masing aplikasi, seraya mencoba menunjukkan bahwa mengenal dasar pemrograman komputer itu sesuatu yang mudah.

KompasTekno sempat bengong melihat penjelasan dari setiap aplikasi tersebut. Bukan karena penjelasannya sulit, melainkan memang sama sekali tak mengenal dasar-dasar atau logika mengenai pemrograman.

Namun harus diakui kedua aplikasi yang dipakai membuat perkenalan dengan ilmu pemrograman berjalan mulus.

Total waktu 8 menit -4 menit untuk masing-masing aplikasi-, memang tak langsung menjadikan KompasTekno programmer jagoan, tapi setidaknya menunjukkan bahwa ilmu komputer tak melulu berisi barisan kode yang kaku dan njelimet.

Bicara dengan komputer

Untuk bisa membuat sebuah aplikasi komputer, sesorang mesti mempelajari bahasa komputer. Ini adalah rangkaian yang terdiri dari logika, algoritma, dan bahasa pemrograman tertentu, seperti Java atau Swift

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X