Kompas.com - 02/07/2016, 08:17 WIB
|
EditorReza Wahyudi

SINGAPURA, KOMPAS.com - Populasi kelas menengah di Indonesia bakal mencapai 85 juta pada 2020 mendatang. Bagi beberapa vendor produk high-end, prediksi itu menjadi titik cerah dalam berbisnis.

Salah satu vendor yang siap menangkap peluang adalah Sennheiser. Perusahaan Jerman tersebut baru saja meluncurkan headphone HE 1 seharga Rp 730 jutaan di Singapura.

VP Sales dan Marketing Sennheiser Asia Martin Low menyadari patokan harga itu masih sulit diterima masyarakat umum di Indonesia. Pasalnya, dana tersebut bisa dialokasikan untuk kebutuhan yang lebih pokok seperti tempat tinggal dan kendaraan.

Meski begitu, Low yakin hasrat beli masyarakat Indonesia bisa ditumbuhkan melalui beberapa strategi, salah satunya dengan edukasi berkelanjutan.

"Kuncinya adalah edukasi. Masyarakat harus punya pengetahuan tentang audio yang baik agar mereka berminat," kata dia, Kamis (30/6/2016), usai peluncuran HE 1 di Marina Bay Sands, Singapura.

Edukasi yang dimaksud bakal berbentuk program menjajal produk-produk premium Sennheiser. Menurut Low, jika sudah merasakan pengalaman audio yang mumpuni, masyarakat akan lebih paham mengapa harga produk tertentu dipatok tinggi.

Selain memicu hasrat beli, edukasi juga dinilai mampu memelihara loyalitas pelanggan terhadap sebuah brand. Tahapannya dimulai dari mengenal, menyukai, percaya, dan akhirnya setia.

"Untuk jangka panjang, pembeli akan setia pada brand kami jika awalnya melalui tahap edukasi," ia menuturkan.

Meski fokus pada produk premium, Low mengatakan Sennheiser memiliki banyak pilihan produk untuk berbagai golongan masyarakat. Hal ini juga merupakan strategi Sennheiser agar brand-nya diterima semua kalangan.

Di Indonesia sendiri, beberapa penyanyi sohor disebut menggunakan produk Sennheiser untuk mendukung performa. Mereka adalah Raisa, Afgan, Titi DJ, Syahrini, dan beberapa lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.