Bandara Incheon Bakal Pekerjakan Robot Pintar - Kompas.com

Bandara Incheon Bakal Pekerjakan Robot Pintar

Kompas.com - 02/07/2016, 15:04 WIB
Eko Nugroho/Segitiga.net Bandara Incheon, Korea Selatan.

KOMPAS.com - Robot sedikit demi sedikit mulai mengambil peran dan meringankan pekerjaan manusia. Salah satu contohnya bakal terlihat di bandara Incheon International Airport, Korea Selatan, dalam waktu dekat ini.

LG Electronics, salah satu raksasa elektronik asal negara tersebut, baru-baru ini menyatakan akan mengembangkan robot pemandu dan pembersih yang akan digunakan di bandara tersebut.

Robot tersebut bukan hanya sekadar robot biasa. Nantinya, ia akan dilengkapi dengan teknologi pembelajaran mandiri, yang bisa membuatnya semakin mahir setelah melakukan pembelajaran dari situasi yang ada.

Pihak LG Electronics mengatakan, akan memanfaatkan ilmu kepintaran robot dan teknologi Internet of Things untuk membuat robot yang dapat menjamin kenyamanan pelanggan dan pihak bandara itu sendiri.

"Kami akan menampilkan layanan robot kelas dunia berbasiskan pengalaman panjang dan teknologi di perangkat rumah," kata Cho Sung-jin, Presiden dari divisi LG Home Appliance.

LG Electronics sendiri, sebagaimana KompasTekno rangkum dari ZDnet, Sabtu (2/7/2016), sudah melakukan penandatanganan kerja sama dengan pihak bandara untuk masalah ini.

Diharapkan, hasil pengembangan robot ini sudah dapat terlihat pada akhir tahun 2016.

LG Electronics sendiri diketahui telah merilis robot pembersih rumah sejak tahun 2003 lalu. Setelah itu, sudah berbagai versi robot pembersih yang dirilis oleh LG dengan berjalannya waktu.

Minat perusahaan Korea Selatan dengan robot yang mampu mempelajari keadaan saat ini memang sedang tinggi-tingginya. Hal tersebut dipacu setelah jagoan Go asal Korea Selatan bertanding dengan AI bikinan Google, AlphaGo.

Salah satu perusahaan asal Korea Selatan lain yang diketahui sedang mengembangkan robot adalah Hyundai. Perusahaan otomotif ini mengembangkan baju rangka robot untuk kegiatan produksi mobil.


PenulisDeliusno
EditorReza Wahyudi
SumberZDNet

Komentar
Close Ads X