Google Chrome Mulai Ditambahi Fitur “Virtual Reality”

Kompas.com - 04/07/2016, 13:15 WIB
Menjajal sensasi virtual reality Google Cardboard oik yusuf/ kompas.comMenjajal sensasi virtual reality Google Cardboard
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Google punya ambisi besar menyangkut soal virtual reality (VR). Salah satunya, raksasa internet itu ingin mewujudkan pengalaman berselancar di internet yang lebih menggugah bagi pengguna.

Sebab itulah peramban Chrome (versi Beta dan Dev) terbaru untuk Android sudah mulai ditambahi fitur VR, menurut informasi yang dihimpun KompasTekno dari Engadget, Senin (4/7/2016).

FItur VR pada Chrome berupa dukungan untuk standar open-source WebVR untuk situs-situs yang dirancang untuk dijelajahi lewat VR.

Untuk situs yang belum mendukung WebVR, Chrome Dev turut menyediakan “VR Shell” yang akan mempermudah pengguna dalam berpindah antara situs web non-VR dan VR.

Dengan VR Shell, pengguna nantinya tak perlu melepas headset saat melihat situs non-VR sehinngga bisa tetap mengenakan perangkat tersebut dalam menjelajah internet.

VR Shell pada Chrome Dev saat ini belum berfungsi penuh dan masih terus dikembangkan oleh Google. Tapi agaknya tinggal soal waktu saja sebelum dukungan VR yang stabil mulai tertanam di browser.

Selain Google, pihak lain yang juga mengembangkan browsing VR adalah Samsung. Pabrikan gadget asal Korea itu bahkan sudah menawarkan peramban internet untuk headset Gear VR buatannya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X