Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diam-diam, Google dan Facebook Juga Ingin Caplok LinkedIn

Kompas.com - 05/07/2016, 14:15 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Recode

KOMPAS.com - Bulan lalu, LinkedIn resmi dicaplok Microsoft dengan nilai 26 miliar dollar AS atau setara Rp 342 triliun. Jika ditilik ke belakang, Facebook dan Google sebenarnya juga berambisi memiliki LinkedIn.

Hal itu terungkap dari dokumen Komisi Sekuritas dan Pertukaran (SEC) yang mengurus proses akuisisi LinkedIn dan Microsoft. Menurut dokumen, ada lima perusahaan yang paling getol mendekati LinkedIn, sebagaimana dilaporkan Recode dan dihimpun KompasTekno, Selasa (5/7/2016).

Baca: LinkedIn Dibeli oleh Microsoft

Salesforce adalah salah satu perusahaan yang lebih awal ingin meminang LinkedIn. Sementara itu, Google dan Facebook tampaknya melewati jalan yang lebih sepi dengan jalur diam-diam.

Seorang sumber yang familiar dengan rencana tersebut menyebut eksekutif Google dan Facebook beberapa kali bertemu dengan pihak LinkedIn untuk mengakuisisi perusahaan jejaring profesional itu.

Pada file SEC, perusahaan yang berminat diberi julukan Party A, Party B, Party C, Party D, dan Party E. Salesforce adalah Party A, Google adalah Party B, Facebook adalah Party D, dan Microsoft adalah Party E.

Selain keempat perusahaan itu, ada satu perusahaan yang merupakan Party C dan tak berhasil diidentifikasi oleh media massa. Juru bicara LinkedIn menolak berkomentar soal ini, begitu juga perwakilan Google dan Facebook.

Menurut file, eksekutif senior Party B (Google) bertemu dengan CEO LinkedIn Jeff Weiner pada pertengahan Maret. Pertemuan itu setelah Microsoft dan Salesforce lebih dulu mengajukan proposal pembelian.

Setelah diskusi pertama, Google kembali meminta Weiner dan dewan direksi LinkedIn untuk mengatur jadwal pertemuan berikutnya. Mereka akhirnya kembali bersua pada 4 April 2016, di mana Google secara formal mengatakan ingin ikut bursa pembelian.

Sementara itu, pertemuan dengan Facebook lebih singkat. Jejaring sosial itu menyepakati untuk masuk bursa pembelian LinkedIn pada 1 April 2016. Pada akhirnya, Microsoft dan Facebook mengurungkan niatnya dan Microsoft menjadi pemenang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Recode

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com