Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klaim Foto Dijepret Pakai P9, Huawei Dituduh Bohong

Kompas.com - 06/07/2016, 11:09 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Beberapa saat lalu, Huawei mengunggah sebuah foto yang bisa dibilang cukup menakjubkan di akun Google+ resmi miliknya. Foto tersebut dikatakan dijepret menggunakan smartphone Android terbaru P9, sebuah klaim yang akhirnya terbukti tidak tepat.

Foto yang dimaksud menampilkan seorang wanita yang sedang berpose dengan latar belakang taman. Foto tersebut dikatakan luar biasa karena mampu menangkap cahaya matahari dengan baik dan juga tampak adanya efek bokeh.

Para pengamat foto pun cukup curiga dengan foto tersebut. Pasalnya, smartphone yang ada saat ini dianggap belum terlalu mampu menghasilkan foto secantik itu.

Gizmochina Foto ini diklaim dijepret menggunakan Huawei P9

Atas dasar itu, pengamat mulai mencari tahu kebenaran dari klaim Huawei tersebut. Untungnya, Google+, sama seperti layanan berbagi foto lainnya, menyediakan data metada Exchangeable Image File Format (EXIF) di setiap foto yang di-posting.

EXIF sendiri mampu membeberkan berbagai data dari sebuah foto, termasuk kamera yang digunakan untuk menjepret sebuah foto.

Hasilnya penyidikan dari metadata tersebut cukup mengagetkan. Ternyata, foto tersebut tidak diambil menggunakan kamera milik smartphone Huawei P9, melainkan kamera SLR berharga mahal.

Kamera yang dimaksud adalah Canon EOS 5D Mark III dengan lensa EF70-200 f/2.8L IS II USM. Kombinasi keduanya dijual dengan harga 4.500 dollar AS atau sekitar Rp 60 juta.

Para pengamat pun menuduh Huawei berbohong dengan klaimnya tersebut.

Tidak lama setelah informasi ini beredar, Huawei dikatakan sudah menghapus foto tersebut dari akun Google+ miliknya itu.

Minta maaf

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber Gizmochina

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.