Pria Ini Mengaku Bersalah Retas Foto Bugil Jennifer Lawrence

Kompas.com - 07/07/2016, 13:34 WIB
Jennifer Lawrence menghadiri penayangan perdana film X-Men Apocalypse di London, Inggris, Senin (9/5/2016). DANIEL LEAL-OLIVAS / AFPJennifer Lawrence menghadiri penayangan perdana film X-Men Apocalypse di London, Inggris, Senin (9/5/2016).
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Seorang pria Amerika Serikat mengaku bersalah melakukan phishing demi mencuri foto dan video pribadi bintang film dan televisi.

Edward Majerczyk, dari Chicago, ditangkap setelah polisi menyelidiki 'celebgate' tahun 2014.

Foto telanjang lebih 100 selebriti, termasuk Rihanna dan Jennifer Lawrence, dibocorkan.

Majerczyk menjebak orang masuk ke situs internet yang mencuri data login.

Dia mengirim e-mail yang dibuat mirip peringatan keamanan dari penyedia layanan internet sehingga pihak yang menjadi sasaran mengunjungi situs yang dia buat.

Peretas diyakini menggunakan cara ini untuk mencuri nama login dan kata sandi lebih dari 300 akun Apple iCloud dan Gmail dari bulan November 2013 dan Agustus 2014.

Sekitar 30 dari rekening tersebut adalah milik bintang film dan televisi, demikian isi pernyataan US Department of Justice (DoJ).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tertuduh tidak hanya meretas akun e-mail, dia meretas kehidupan pribadi korban, menimbulkan rasa malu dan kerusakan selamanya," kata Deirdre Fike dari kantor FBI Los Angeles.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.