Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah "Smartphone" Android Terbaru Nokia?

Kompas.com - 07/07/2016, 15:54 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan ini, beredar sebuah gambar render yang menampilkan sebuah smartphone dengan merek Nokia. Perangkat itu disinyalir sebagai ponsel Android terbaru berlabel Nokia, yakni P1.

Belum begitu banyak detail yang bisa diketahui dari bocoran gambar tersebut. Dari gambar, hanya diketahui, merek Nokia dilampirkan di bagian bawah layar.

Selain itu, tampaknya bakal ada dua warna yang akan dirilis, yakni merah muda dan biru.

Belum diketahui juga spesifikasi, harga, dan tanggal peluncuran dari Nokia P1 ini.

Phone Arena Inikah P1, smartphone Android terbaru bikinan Nokia?

Penyebar dari foto bocoran itu sendiri, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Kamis (7/7/2016), mengklaim bahwa smartphone ini dikembangkan oleh para ahli di InFocus atau Sharp. Keduanya merupakan anak usaha dari Foxconn.

Nokia sendiri saat ini sudah melisensikan properti intelektual berikut merek "Nokia" ke perusahaan baru bernama HMD Global. HMD inilah yang bakal memproduksi gadget mobile Nokia di masa depan.

Menariknya, HMD sudah menjalin kerja sama dengan FIH Mobile, anak usaha Foxconn yang membeli bisnis feature phone Nokia dari Microsoft seharga Rp 4,6 triliun

Mengingat FIH ada kaitannya dengan Foxconn, begitu juga dengan InFocus dan Sharp, ada kemungkinan gambar bocoran tersebut benar.

Namun, hingga saat ini, mantan raja ponsel asal Finlandia itu masih belum memberikan konfirmasi. Sehingga, bisa saja gambar tersebut hanya bikinan orang iseng belaka.

Nokia juga belum boleh merilis smartphone, sebagai bagian dari perjanjian penjualan divisi perangkat ke Microsoft. Akan tetapi, perjanjian tersebut hanya berlaku hingga saat ini, yakni kuartal ketiga 2016.

Selepas kuartal ini, perusahaan asal Finlandia itu sudah bebas menjual kembali smartphone dengan label merek Nokia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com