Cara Memperkuat Sinyal di iPhone dan Android

Kompas.com - 07/07/2016, 18:50 WIB
KOMPAS/ANGGER PUTRANTO Warga Desa Tampang Muda, Andi Supriadi (24) harus naik ke sebuah pohon untuk mengakses sinyal telepon selular di tepi pantai Desa Tampang Muda, Kecamatan Pematang Sawah, Kabupaten Tanggamus Lampung Jumat (29/1/2016). Saat pemerintah meluncurkan jaringan internet cepat 4G LTE, sejumlah daerah masih kesulitan mengakses sinyal untuk telepon dan layan pesan singkat.

KOMPAS.com - Adakalanya saat sedang menelepon rekan atau berinternet, tiba-tiba koneksi putus. Setelah dicek, ternyata sinyal operator yang digunakan melemah.

Selain melihat jumlah bar sinyal di ponsel, ada cara lain untuk mengecek kekuatan sinyal tersebut.

Bila menggunakan Android, cukup masuk ke dalam Setting, About lalu klik Network. Selanjutnya kekuatan sinyal akan ditunjukkan dalam satuan decibel miliwatts (dBm).

Bila menggunakan iPhone, berdasarkan pengalaman KompasTekno, cobalah untuk menekan *3001#12345# pada dial pad. Anda akan dibawa masuk ke menu Field Test dan bar sinyal akan berubah menjadi satuan dBm.

Sinyal pada -100 dBm menandakan Anda mendapatkan sinyal kualitas terburuk. Sedangkan angka -70 dBm menandakan kualitas sinyal ponsel sudah baik.

Nah, setelah punya akses untuk mengecek kekuatan sinyal, cobalah beberapa langkah berikut ini untuk mendapatkan sinyal terbaik yang bisa Anda dapatkan.

1. Buat peta sinyal

Seandainya Anda sedang berada di dalam rumah, buatlah sebuah denah rumah dalam bentuk sederhana. Nyalakan mode field test atau masuk ke Setting untuk melihat indikator kekuatan sinyal.

Selanjutnya berjalanlah dari satu titik ke titik di dalam rumah untuk mengetahui berapa kekuatan sinyal yang kamu dapatkan di sana. Tandai setiap titik di peta.

Dengan cara demikian, mudah menemukan titik mana saja yang memiliki sinyal kuat. Setiap kali akan menelepon, lakukanlah di titik tersebut sehingga suaranya jernih.

2. Airplane mode

Pasang Airplane Mode selama tiga detik, lalu matikan kembali mode tersebut. Cara ini akan me-refresh koneksi ke jaringan operator seluler yang Anda gunakan.

Selain itu bisa saja ponsel Anda akan terhubung ke pemancar sinyal yang lokasinya paling dekat dengan lokasi menelepon. Dengan demikian, sinyal yang dipancarkan dan diterima ponsel akan lebih kuat, suara saat menelepon pun lebih jernih.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorDeliusno
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X