Kompas.com - 08/07/2016, 16:44 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Pokemon Go, permainan menangkap monster Pokemon di dunia nyata, akhirnya resmi dirilis pada pekan ini. Tapi baru pengguna iOS dan Android di sekitar benua Amerika dan Australia saja yang bisa menikmatinya.

Lalu kapan Pokemon Go akan dirilis untuk berbagai negara lain, termasuk Indonesia?

Dalam keterangan resmi perilisan game tersebut, Pokemon Company dan pengembang game Niantic Labs baru menyebutkan rencana perilisan berikutnya di Kanada, Eropa, dan Amerika Selatan. Tampaknya Indonesia belum akan mendapatkannya dalam waktu dekat ini.

Selain itu, Pokemon Go sedang dirundung masalah akibat populatritasnya yang langsung melonjak. Begitu game berbasis augmented reality (AR) ini dirilis, orang beramai-ramai untuk mengunduh dan memainkannya. Efek dari serbuan massal itu pun membuat server berkali-kali tumbang.

Orang-orang di negara yang mestinya sudah bisa mengakses Pokemon Go justru tidak bisa membuka akun mereka.

“Server kami mengalami masalah. Mohon kembali lagi nanti,” begitu tertulis pada layar log in permainan tersebut.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Forbes, Jumat (8/6/2016), Niantic Labs, harus bekerja keras untuk menstabilkan server yang kewalahan itu. Selain itu mereka perlu menambah kapasitasnya sebelum memutuskan untuk memberi akses game pada jutaan orang lain di seluruh dunia.

Pokemon Go memang sudah membuat banyak orang penasaran sejak pertama kali Nintendo mengumumkannya. Pasalnya game ini menjanjikan sensasi menangkap Pokemon di dunia nyata, hal yang belum pernah ditawarkan sebelumnya.

Game ini menggunakan teknologi AR untuk mewujudkan sensasi tersebut. Pengembangannya pun bekerja sama dengan Niantic Labs, salah satu anak usaha Alphabet yang dikenal sebagai pembuat game AR, Ingress.

Mengunduh APK di Indonesia

Meski Pokemon Go belum dirilis secara resmi di Indonesia, ada juga orang-orang yang sudah mencoba dan memainkannya. Caranya dengan mengunduh file APK yang terdapat pada link ini dan memasangnya di ponsel Android.

Dengan cara itu, Anda bisa mencoba Pokemon Go namun dengan sejumlah keterbatasan. Salah satunya adalah tidak tersedianya Pokemon Trainer Club, yaitu fitur untuk membuat akun global dan bermain Trading Card secara online.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Forbes

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.