Kompas.com - 09/07/2016, 15:21 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Setelah X-Pro 2, Fujifilm kembali memperbarui jajaran kamera mirrorless kelas atasnya dengan memperkenalkan model baru bernama X-T2.

Kamera ini merupakan penerus dari model flagship sebelumnya, X-T1, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Sabtu (9/7/2016).  

Berbeda dari seri X-Pro yang mengusung faktor bentuk rangefinder, X-T2 memiliki bodi serupa DSLR klasik dengan jendela bidik yang ditempatkan di “punuk” di bagian tengah kamera.

Dibanding X-T1, X-T2 menawarkan sejumlah peningkatan sekaligus fitur baru, termasuk sensor X-Trans III 24 megapiksel, titik phase detection sebanyak 169 buah, dual SD card slot, dan konektor USB 3.0.

Salah satu fitur baru yang paling menarik adalah kemampuan merekam video 4K. X-T2 adalah kamera mirrorless pertama dari Fujifilm yang mampu merekam video dalam format resolusi tinggi ini.

Fujifilm turut menambahkan AF-selection joystick seperti pada DSLR kelas profesional untuk mempermudah pengguna dalam mengganti-ganti titik AF yang dikehendaki.

Fujifilm Articulating LCD pada Fujifilm XT-2
Ada juga articulating LCD (3 inci, 1,04 megapiksel) yang tak hanya mampu ditekuk ke atas dan ke bawah, tapi juga ke kanan dengan tambahan engsel kedua sehingga turut mempermudah pemotretan portrait low-angle, di samping landscape.

Aneka fitur baru tersebut membuat banderol X-T2 lebih mahal dibandingkan pendahulunya. Fuji mematok harga X-T2 di angka 1.599 dollar AS atau sekitar Rp 21 juta (body only), lebih tinggi 300 dollar AS dibandingkan X-T1 pada saat peluncuran.

Fujifilm X-T2 rencananya akan mulai tersedia di pasaran global pada September 2016 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.