Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fujifilm Perkenalkan Kamera Mirrorless “4K” X-T2

Kompas.com - 09/07/2016, 15:21 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Setelah X-Pro 2, Fujifilm kembali memperbarui jajaran kamera mirrorless kelas atasnya dengan memperkenalkan model baru bernama X-T2.

Kamera ini merupakan penerus dari model flagship sebelumnya, X-T1, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Sabtu (9/7/2016).  

Berbeda dari seri X-Pro yang mengusung faktor bentuk rangefinder, X-T2 memiliki bodi serupa DSLR klasik dengan jendela bidik yang ditempatkan di “punuk” di bagian tengah kamera.

Dibanding X-T1, X-T2 menawarkan sejumlah peningkatan sekaligus fitur baru, termasuk sensor X-Trans III 24 megapiksel, titik phase detection sebanyak 169 buah, dual SD card slot, dan konektor USB 3.0.

Salah satu fitur baru yang paling menarik adalah kemampuan merekam video 4K. X-T2 adalah kamera mirrorless pertama dari Fujifilm yang mampu merekam video dalam format resolusi tinggi ini.

Fujifilm turut menambahkan AF-selection joystick seperti pada DSLR kelas profesional untuk mempermudah pengguna dalam mengganti-ganti titik AF yang dikehendaki.

Fujifilm Articulating LCD pada Fujifilm XT-2
Ada juga articulating LCD (3 inci, 1,04 megapiksel) yang tak hanya mampu ditekuk ke atas dan ke bawah, tapi juga ke kanan dengan tambahan engsel kedua sehingga turut mempermudah pemotretan portrait low-angle, di samping landscape.

Aneka fitur baru tersebut membuat banderol X-T2 lebih mahal dibandingkan pendahulunya. Fuji mematok harga X-T2 di angka 1.599 dollar AS atau sekitar Rp 21 juta (body only), lebih tinggi 300 dollar AS dibandingkan X-T1 pada saat peluncuran.

Fujifilm X-T2 rencananya akan mulai tersedia di pasaran global pada September 2016 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com