Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Messenger Bakal Lebih Aman untuk Percakapan “Rahasia”

Kompas.com - 10/07/2016, 17:20 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Recode

KOMPAS.com - Pesan yang dikirimkan lewat layanan Facebook Messenger bakalan lebih susah diintip.

Pasalnya, perusahaan jejaring sosial tersebut bakal menambahkan dua fitur untuk meningkatkan “kerahasiaan” Messenger, yakni enkripsi end-to-end dan pesan yang bisa menghilang sendiri (self destruct).

Dirangkum KompasTekno dari Re/code, Minggu (10/7/2016), enkripsi yang bakal diterapkan pada Messenger mirip dengan yang telah disematkan lebih dulu pada WhatsApp.

Pesan hanya akan tersimpan di perangkat pengirim dan penerima, bukan server Messenger. Bahkan pihak Facebook sendiri tak akan bisa mengintip pesan yang dikirimkan lewat Messenger.

Adapun self-destruct message bisa diatur agar menghilang secara otomatis dalam jangka waktu tertentu yang dikehendaki pengguna, mulai 5 detik hingga 24 jam.

Dalam sebuah posting blog, Facebook menyebutkan bahwa fitur enkripsi mesti diaktifkan secara manual. Ini karena Messenger bersifat cross device alias bisa diakses dari berbagai perangkat, termasuk smartphone, tablet, dan desktop.

Nah, pesan yang terenkripsi hanya akan ada di perangkat yang dipakai untuk mengirimnya, misalnya smartphone, dan tidak bisa dilihat apabila Messenger dibuka dengan perangkat lain.

Langkah Facebook “mengamankan” percakapan dalam Messenger ini datang di tengah-tengah hangatnya perdebatan soal privasi di antara kalangan penegak hukum dan perusahaan teknologi.

Di satu sisi, pengguna layanan menyukai kerahasiaan yang dimungkinkan oleh fitur-fitur keamanan seperti enkripsi. Di sisi lain, hal tersebut menyulitkan penegak hukum dalam memantau kriminal yang berkomunikasi lewat layanan pesan instan.

Saat ini Facebook baru mulai menggulirkan fitur enkripsi dan chatting rahasia secara terbatas. Keduanya diharapkan sudah tersedia untuk semua pengguna Messenger dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Recode
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com