Kompas.com - 11/07/2016, 15:10 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Apple membuka jurusan pengembangan iOS di tingkat universitas atau perguruan tinggi. Hal tersebut bertujuan mendorong minat anak muda dalam mengembangkan software.

Saat ini Apple telah bekerja sama dengan University of Napoli Frederico II di Italia untuk memulai debut kurikulumnya. Untuk permulaan, hanya 600 mahasiswa yang bisa menikmati kelas itu.

Mereka harus melewati beberapa pengujian online dan wawancara sebelum dinyatakan layak mengikuti kurikulum Apple, sebagaimana dilaporkan KompasTekno, Senin (11/7/2016), dari DigitalTrends.

Siapa saja yang tinggal di Italia dan Eropa bisa ikut seleksi, tak mesti dari mahasiswa di University of Napoli Frederico II.

Kurikulum tersebut dipadatkan hingga sembilan bulan masa pendidikan. Kelas pertama akan dimulai pada Oktober 2016 mendatang.

Pada semester pertama, mahasiswa bakal fokus pada keterampilan pengembangan iOS. Jika sudah memadai, barulah mereka beranjak ke desain aplikasi, pembuatan startup, dan pengembangan aplikasi-aplikasi di Apple App Store.

Pengumuman dari Apple ini sekaligus menandai berakhirnya ketegangan antara sang pabrikan Cupertino dengan pemerintah Italia. Belum ada pernyataan resmi dari Apple dan pemerintah Italia soal hal ini.

Sebelumnya, keduanya tersandung sengketa pajak. Apple dituntut membayar denda 348 juta dollar AS atau senilai Rp 4,5 triliun karena diduga menggelapkan pajak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.