Kompas.com - 12/07/2016, 11:09 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Meski sudah menjadi salah satu game fenomenal, Pokemon Go sejatinya baru dirilis resmi di tiga negara saja, yakni Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru. Pertanyaan besarnya, kapan ia akan hadir di negara lain, termasuk Indonesia?

Menurut sebuah laporan dari sumber yang mengetahui rencana pengembangan game, Pokemon Go dikatakan sudah akan dirilis di beberapa negara lain, termasuk wilayah Asia, dalam waktu dekat ini.

Berdasarkan laporan, sebagaimana KompasTekno rangkum dari 9to5mac, Selasa (12/7/2016), Pokemon Go setidaknya sudah akan berekspansi ke Inggris, Eropa, dan Jepang dalam hitungan beberapa hari. Kemungkinan di akhir minggu ini.

Sayangnya, belum diketahui, apakah peluncuran itu pada akhirnya akan diperluas ke negara-negara Asia lain, termasuk Indonesia, atau tidak.

Niantic, bersama dengan Pokemon Company dan Nintendo, memang sedikit menunda kehadiran game ini di beberapa negara lain. Pasalnya, server game tersebut kurang mampu menampung jumlah pemain.

Baca: Peluncuran Pokemon Go di Indonesia Terancam Mundur

Pemain yang berasal dari luar ketiga negara tersebut sebenarnya sudah bisa memainkan game tersebut, tetapi dengan cara tidak resmi.

Pengguna Android bisa mengunduh APK yang tersedia secara tidak resmi di internet. Sementara itu, pengguna iOS bisa membuat akun App Store AS, Australia, atau Selandia Baru untuk mengunduh game populer tersebut.

Nintendo sendiri diprediksi bakal meraup untung besar dari game tersebut. Salah satu buktinya, saham perusahaan game asal Jepang ini sudah meningkat hingga 25 persen dalam beberapa hari belakangan.

Pokemon Go sendiri merupakan game menangkap monster Pokemon, yang dikembangkan oleh Pokemon Company dan Nintendo, bersama dengan perusahaan spin off Google, Niantic.

Game Pokemon Go memanfaatkan GPS dan kamera belakang smartphone untuk menangkap Pokemon virtual di berbagai lokasi dunia. Pokemon dihadirkan secara augmented reality.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber 9to5mac


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.