Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Bakal Bangun 1.000 Toko Ponsel

Kompas.com - 12/07/2016, 16:09 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Di luar Indonesia, Xiaomi kebanyakan melakukan penjualan produknya melalui internet. Namun, strategi tersebut dikatakan bakal berubah dalam waktu dekat. Mengapa?

CEO Xiaomi, Lei Jun baru-baru ini membeberkan strategi baru Xiaomi. Ia mengungkapkan bahwa perusahaan bakal banyak berjualan secara offline alias melalui toko fisik.

Xiaomi pun tidak main-main dalam menjalankan strategi ini. Perusahaan asal China ini menargetkan untuk mendirikan setidaknya 1.000 toko fisik dalam beberapa tahun mendatang. Toko-toko itu pun bakal dibikin besar, yakni sekitar 250 meter persegi.

Hadirnya toko-toko offline tersebut nantinya diharapkan untuk menjawab masalah ketersediaan perangkat. Pasalnya, selama ini penjualan perangkat Xiaomi kebanyakan dilakukan melalui flash sale dan biasanya unit yang tersedia langsung sold out dalam hitungan menit hingga jam.

Dengan hadirnya toko fisik tersebut, unit-unit Xiaomi yang dijual setidaknya bakal tersebar ke 1.000 titik. Peminat bisa mencari unit ke toko terdekat dari lokasi.

Toko fisik ini sendiri, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Gizmochina, Selasa (12/7/2016), diharapkan mampu menambah pundi-pundi Xiaomi hingga 50 juta yuan atau sekitar Rp 98 miliar per bulannya atau sekitar 1,43 juta yuan (Rp 2,8 miliar) per harinya.   

Saat ini, Xiaomi memiliki berbagai jenis perangkat. Tidak hanya smartphone, ada juga perangkat seperti televisi, drone, air purifier, penanak nasi elektronik pintar, bluetooh speaker, sepeda pintar, dan skuter pintar.

Jun berkata, toko fisik Xiaomi bakal memamerkan setidaknya 50 hingga 100 tipe produk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com