Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepekan, "Pokemon Go" Raup Rp 184 Miliar?

Kompas.com - 13/07/2016, 12:08 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber SlashGear

KOMPAS.com - Pokemon Go diperkirakan telah meraup pendapatan 14 juta dollar AS atau senilai Rp 184 miliar. Angka itu bisa dibilang bombastis, sebab Pokemon Go baru dirilis resmi selama sepekan di sebagian kecil negara.

Prediksi pendapatan Pokemon Go dilansir oleh firma analis bernama SuperData Research. Firma tersebut membeberkan estimasi berdasarkan jumlah pengunduh dan potensi pemasukan dari Pokemon Go.

Jika estimasi itu benar, maka Pokemon Go telah mengalahkan game Pokemon lain bertajuk Pokemon Shuffle, sebagaimana dilaporkan SlashGear dan dihimpun KompasTekno, Rabu (13/7/2016).

Pokemon Shuffle hingga kini telah meraup pendapatan lebih kurang sama dengan perkiraan Pokemon Go. Hanya saja, Pokemon Shuffle telah melalang buana selama dua tahun.

Estimasi pendapatan Pokemon Go juga mengalahkan suksesornya Ingress. Game yang juga berbasis augmented-reality itu hanya meraup 1 juta dollar AS alias Rp 13 miliar sejak dirilis pada 2013 lalu.

Meski mendulang sukses pada pekan debutnya, SuperData memprediksi popularitas Pokemon Go tak akan selamanya di atas awan. Menurut firma itu, Pokemon Go bakal mulai mandek bulan depan.

SuperData menyebut jumlah pengguna aktif Pokemon Go akan perlahan menciut. Sebab, banyak pemain yang hanya terbawa arus tren.

Ramalan itu bisa benar namun bisa juga meleset. Jika akhirnya pemain benar-benar terikat dengan Pokemon Go, tentu mereka bisa terus memainkannya dalam waktu lama.

Demam Pokemon Go sudah dimulai sejak awal perilisannya. Game tersebut dirilis Nintendo bekerja sama dengan Pokemon Company dan pengembang Niantic.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber SlashGear
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com