Kompas.com - 13/07/2016, 12:08 WIB
Pokemon Go Plus Pokemon CompanyPokemon Go Plus
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Pokemon Go diperkirakan telah meraup pendapatan 14 juta dollar AS atau senilai Rp 184 miliar. Angka itu bisa dibilang bombastis, sebab Pokemon Go baru dirilis resmi selama sepekan di sebagian kecil negara.

Prediksi pendapatan Pokemon Go dilansir oleh firma analis bernama SuperData Research. Firma tersebut membeberkan estimasi berdasarkan jumlah pengunduh dan potensi pemasukan dari Pokemon Go.

Jika estimasi itu benar, maka Pokemon Go telah mengalahkan game Pokemon lain bertajuk Pokemon Shuffle, sebagaimana dilaporkan SlashGear dan dihimpun KompasTekno, Rabu (13/7/2016).

Pokemon Shuffle hingga kini telah meraup pendapatan lebih kurang sama dengan perkiraan Pokemon Go. Hanya saja, Pokemon Shuffle telah melalang buana selama dua tahun.

Estimasi pendapatan Pokemon Go juga mengalahkan suksesornya Ingress. Game yang juga berbasis augmented-reality itu hanya meraup 1 juta dollar AS alias Rp 13 miliar sejak dirilis pada 2013 lalu.

Meski mendulang sukses pada pekan debutnya, SuperData memprediksi popularitas Pokemon Go tak akan selamanya di atas awan. Menurut firma itu, Pokemon Go bakal mulai mandek bulan depan.

SuperData menyebut jumlah pengguna aktif Pokemon Go akan perlahan menciut. Sebab, banyak pemain yang hanya terbawa arus tren.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ramalan itu bisa benar namun bisa juga meleset. Jika akhirnya pemain benar-benar terikat dengan Pokemon Go, tentu mereka bisa terus memainkannya dalam waktu lama.

Demam Pokemon Go sudah dimulai sejak awal perilisannya. Game tersebut dirilis Nintendo bekerja sama dengan Pokemon Company dan pengembang Niantic.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Sumber SlashGear

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.