Teknologi "Fast Charging" Apple Dituduh Langgar Hak Paten

Kompas.com - 13/07/2016, 17:39 WIB
Wallet for iPhone PhoneArenaWallet for iPhone
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Apple kembali dituntut soal hak paten. Kali ini, fitur pengisian ulang daya baterai cepat alias fast-charging pada iPhone 6s yang menjadi sasarannya.

Perusahaan bernama Somaltus LLC menuding Apple telah mencomot hak paten atas teknologi tersebut dari pihak mereka. Kasus ini pun didaftarkan ke Pengadilan Negeri Eastern Texas, AS.

Menurut Somaltus, teknologi fast-charging pada iPhone 6s sama dengan teknologi yang telah dipatenkan Somaltus sejak 2010 silam.

Paten itu ada dalam daftar dokumen resmi US Patent dengan nama Integrated Battery Service System, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Rabu (13/7/2016).

Somaltus berharap Apple membayar royalti secara berkelanjutan karena menggunakan paten tersebut, atau membayar denda kerugian dengan nominal yang belum dibeberkan.

Apple bukanlah satu-satunya vendor yang dituding melanggar hak paten Somaltus. Beberapa vendor lain seperti Asus, Lenovo, Samsung, Sony, dan Toshiba juga dituduh mencaplok paten yang sama.

Kisruh hak paten memang kerap terjadi dalam dunia teknologi. Sebelum ini, Apple pernah mengeluarkan kocek triliunan rupiah untuk membayar pelanggaran paten.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dua di antara beberapa kasus paten yang melibatkan Apple terkait dengan teknologi penyematan WiFi dan efisiensi chip pada iPhone. Apple juga sempat bertarung lama dengan Samsung di pengadilan untuk kasus paten.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.