Kompas.com - 14/07/2016, 10:30 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Jauh sebelum Pokemon Go dirilis secara resmi, Google sebenarnya sudah mengisyaratkan kehadiran game mobile tersebut. Lewat momen apa?

Isyarat tersebut diutarakan oleh Google lewat momen April Mop pada 2014 lalu. Kala itu, tepatnya 1 April 2014, raksasa internet ini menyatakan telah membuka sebuah lowongan pekerjaan yang dianggap sangat menarik.

Nama posisinya? Pokemon Master alias pelatih tokoh monster-monster imut dari franchise video game Nintendo, Pokemon.

Syarat mengajukan lamaran hanya satu. Sang kandidat harus berhasil menangkap 150 ekor tokoh Pokemon yang ditebar di seluruh dunia melalui layanan peta Google Maps.

Karena bertepatan pada April Mop, semua orang menyangka bahwa ini hanya sekadar lelucon buatan Google. Toh, profesi Pokemon Master itu tentunya tidak masuk akal di dunia nyata.

Namun, pada akhirnya, isyarat Google itu siapa sangka akhirnya terbukti juga. Pekan lalu, Niantic, sebuah perusahaan spin off Google, bersama dengan Nintendo dan Pokemon Company, merilis sebuah game bernama Pokemon Go.

Melalui game tersebut, pemain diajak untuk menjalankan profesi Pokemon Master.
Game Pokemon Go memanfaatkan GPS dan kamera belakang smartphone untuk menangkap Pokemon virtual di berbagai lokasi dunia. Pokemon dihadirkan secara augmented reality.

Kala itu, Google membuat sebuah video yang menampilkan bagaimana serunya menjadi Pokemon Master. Ternyata, isi video tersebut memamerkan beberapa fitur yang ada di Pokemon Go saat ini, terutama saat menangkap seekor Pokemon. 

Tidak percaya? Mari bandingkan dua video di bawah ini. Video pertama merupakan video bikinan Google dua tahun lalu. Sementara video kedua merupakan promosi peluncuran Pokemon Go 2016.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.