Apple Kalah dari Samsung di Kampung Halaman

Kompas.com - 15/07/2016, 07:21 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Penjualan duo flagship Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge ternyata lebih laris ketimbang dua jagoan Apple, iPhone 6S dan 6S Plus. Setidaknya hal itu terlihat pada data penjualan di kampung halaman Apple, yakni Amerika Serikat (AS).

Data yang dimaksud merupakan temuan lembaga riset pasar Kantar Worldpanel. Isinya menyimpulkan bahwa Apple bukanlah raja ponsel di AS, setidaknya dari sisi penjualan perangkat.

"Dalam periode tiga bulan yang berakhir pada Mei 2016, dari total penjualan ponsel, produk Samsung yang terjual sebanyak 39 persen sedangkan produk Apple hanya 29 persen," tutur Lauren Guenveur, seorang analis dari Kantar Worldpanel.

"Di antara seluruh produk Samsung tersebut, 16 persennya merupakan ponsel Galaxy S7 serta S7 Edge. Sedangkan iPhone 6 dan iPhone 6S Plus cuma 14,6 persen," imbuhnya.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Android Authority, Jumat (15/7/2016), meski riset tersebut menunjukkan penjualan Apple menurun, bukan berarti raksasa teknologi ini mengalami kesulitan keuangan.

Di AS dan Inggris, Apple masih merupakan salah satu dari 10 merek ponsel terlaris. Begitu juga halnya dengan Samsung.

Selain itu, riset pasar yang lain juga mengungkap bahwa keuntungan Apple terus menanjak. Berkurangnya penjualan ponsel mereka tak berpengaruh pada keuntungan tersebut.

Lembaga riset Canaccord Genuity menyebutkan bahwa pada kuartal ketiga 2015, Apple telah berhasil meraup 95 persen dari total keuntungan di industri ponsel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.