Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vendor Antivirus Avast Akuisisi AVG Rp 17 Triliun

Kompas.com - 15/07/2016, 09:49 WIB

KOMPAS.com - Pabrikan software antivirus asal Cekoslovakia, Avast sepakat untuk mengakuisisi pesaingnya asal Belanda, AVG Technologies.

Dikutip KompasTekno dari The Wall Street Journal, Jumat (15/7/2016), nilai akuisisi Avast terhadap AVG mencapai 1,3 miliar dollar AS (sekitar Rp 17 triliun).

Avast sepakat untuk membeli saham AVG senilai 25 dollar AS per lembarnya secara tunai. Nilai tersebut lebih tinggi 33 persen dari harga saham AVG saat penutupan bursa pada Kamis (7/7/2016) minggu lalu.

"Kami sedang berada di industri yang sedang cepat berubah, akuisisi ini memberikan keuntungan jarak dan teknologi agar kami bisa menjadi pilihan pelanggan kami di masa kini dan nanti," kata CEO Avast, Vince Steckler.

Baca: AVG Antivirus Mau Diakuisisi?

Dengan mengakuisisi AVG, maka Avast berharap bisa bersaing dengan perusahaan-perusahaan antivirus besar lainnya di dunia, seperti Symantec.

Symantec sendiri sebelumnya juga telah melakukan aksi korporasi dengan mengakuisisi perusahaan keamanan cyber, Blue Coat System di pertengahan Juni 2016.

Para pemain di industri antivirus dan keamanan cyber saat ini sedang melakukan konsolidasi dan membuka akses ke pasar baru, dengan cara akuisisi atau membeli teknologi.

Mereka juga ingin menangguk untung besar-besaran, seiring dengan perusahaan-perusahaan besar dan mapan yang sedang mencari solusi untuk menangkal ancaman cyber generasi baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com