Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bosan dengan "Pokemon Go" di Internet? Begini Cara Memblokirnya

Kompas.com - 15/07/2016, 13:19 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Bila Anda termasuk orang yang sudah bosan dengan keramaian dan segala topik mengenai Pokemon Go, ekstensi peramban Chrome bernama PokeGone ini akan bisa membantu meringankan kebosanan tersebut.

Sejak perilisan secara terbatas di beberapa negara, permainan Pokemon Go langsung menjadi tren. Semua orang, baik di negara yang sudah mendapatkan aplikasi resmi atau masih melali jalur “belakang”, ramai-ramai berlomba menangkap Pokemon.

Berbagai situs di internet pun berusaha menanggapi tren tersebut dengan konten yang berkaitan. Mulai dari diskusi hingga berbagai tips berburu Pokemon, informasi terkait tren ini meluap.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Cnet, Kamis (14/7/2016), bagi orang yang sudah bosan dengan tema Pokemon, luapan informasi tersebut tentu membosankan dan mengesalkan. Solusinya, blokir saja.

Cara memblokirnya cukup dengan memasang ekstensi peramban browser Chrome yang bernama PokeGone. Anda bisa mengunduhnya melalui link ini.

Chrome Webstore Extension Pokegone di Chrome Webstore.

Setelah dipasang, ekstensi tersebut akan otomatis mencari kata kunci Pokemon pada setiap situs yang Anda buka. Jika menemukannya, maka PokeGone otomatis akan menghapus kata dan seluruh halaman terkait.

Misalnya, ketika memasukkan Pokemon sebagai kata kunci mesin pencari Google. Hasil pencarian mestinya akan menunjukkan berbagai informasi terkait topik tersebut. Tapi saat ekstensi Chrome ini aktif, hasil pencariannya hanya berupa layar kosong saja.

Meskipun disebut bisa membantu meringankan kebosanan terhadap topik Pokemon, aplikasi ini tampaknya bekrja secara berlebihan.

KompasTekno menjajalnya dengan mencari kata kunci “monster from japan” yang tidak berkaitan langsung, namun punya kemungkinan menampilkan informasi mengenai pokemon.

screenshot Contoh pemakaian aplikasi ekstensi Chrome Poke Gone

Hasil pencarian mestinya menunjukkan berbagai monster yang disebutkan sebagai legenda di Jepang, antara lain istilah Youkai atau Kaiju. Namun ternyata ekstensi PokeGone turut menghapus kata kuci di hasil pencarian tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com