Kompas.com - 17/07/2016, 16:10 WIB
Berburu Pokemon dengan menggunakan gim Pokemon Go. Koleksi Pokemon yang sudah diperoleh bisa dilihat di menu yang disediakan. KOMPAS.COM/AMIR SODIKIN via Bidik Layar Pokemon GoBerburu Pokemon dengan menggunakan gim Pokemon Go. Koleksi Pokemon yang sudah diperoleh bisa dilihat di menu yang disediakan.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Peta dalam permainan Pokemon Go memiliki banyak kesamaan dengan game lain bernama Ingress. Bahkan ada kemungkinan bahwa peta dalam game yang disebut belakangan, bisa dipakai menjadi alat pemandu berburu Pokemon.

Bagaimana caranya?

Unduhlah game Ingress dari Google Play Store atau iOS App Store. Setelah mendaftar dan memainkan game tersebut, Anda akan menemukan peta yang mirip.

Ingress memiliki dua fitur utama, yaitu Portal dan XM Fields. Bila membandingkan peta Pokemon Go dan Ingress, maka akan terlihat bahwa rata-rata Portal berada di lokasi yang sama dengan Pokestop atau Gym.

Sedangkan XM Fields, yang berbentuk titik-titik putih, jarang sekali menunjukkan lokasi Pokestop atau gym bisa dibandingkan dengan peta Pokemon Go. XM Fields ini bisa jadi merupakan titik-titik yang menunjukkan tempat persebaran Pokemon liar untuk ditangkap.

Walau mungkin tidak selalu akurat, memakai peta Ingress bisa membantu pemain Pokemon Go menghemat waktu. Setidaknya, XM Field pada game tersebut terlihat jelas dan pengguna bisa langsung mendatanginya.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Minggu (17/7/2016), setelah sampai di lokasi XM Fields, tinggal ganti membuka Pokemon Go dan menyalakan incense atau menunggu kemunculan Pokemon liar.

Tanpa bantuan peta Ingress, pemain akan sulit sekali menemukan Pokemon liar. Pasalnya, Pokemon Go tidak memberi banyak petunjuk mengenai keberadaan monster yang bisa ditangkap itu.

Dalam peta Pokemon Go, monster liar hanya ditandai dengan animasi daun-daun berserakan dan radar yang menunjukkan tiga tingkat kedetakan. Tak ada petunjuk lebih detil.

Sekadar diketahui, Ingress merupakan permainan augmented reality buatan Niantic. Permainan ini dibuat sebelum mereka bekerja sama dengan Nintendo untuk merilis Pokemon Go. Secara garis besar, inti kedua permainan tersebut pun mirip.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.