Kompas.com - 18/07/2016, 10:11 WIB
Aplikasi pesan instan WhatsApp tersedia di platform Android, iOS, BlackBerry, dan Windows Phone istAplikasi pesan instan WhatsApp tersedia di platform Android, iOS, BlackBerry, dan Windows Phone
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Pertengahan Juli ini, WhatsApp mengirimkan pesan ke ponsel-ponsel berbasis Symbian. Isinya kurang lebih mengingatkan bahwa layanan pesan instan terbesar di dunia itu sudah akan hengkang dari sistem operasi tersebut.

"Sayangnya, sudah tidak akan bisa menggunakan WhatsApp setelah 31/12/2016 (di Symbian) karena WhatsApp tidak lagi mendukung ponsel Anda," tulis WhatsApp dalam pesan tersebut, sebagaimana KompasTekno rangkum dari AllAboutSymbian, Senin (18/7/2016).

Sistem operasi Symbian sendiri saat ini banyak dipakai oleh ponsel Nokia sebelum era Windows Phone, juga ponsel-ponsel Samsung, Motorola, dan Sony Ericsson model lawas.

Notifikasi tersebut turut menyertakan tombol "Learn More" yang bakal membawa si pengguna Symbian ke laman tanya jawab di situs WhatsApp.

All About Symbian Pengguna WhatsApp di Symbian akan mendapatkan notifikasi ini
Dalam laman tersebut, WhatsApp menuliskan beberapa platform mobile lain yang akan dihentikan dukungannya.

Selain Symbian, ada BlackBerry, BlackBerry 10, Nokias S40, Android 2.1, Android 2.2, Windows Phone 7.1, dan iOS 6.

Baca: Akhir 2016, Pengguna BlackBerry Tidak Bisa WhatsApp-an Lagi

WhatsApp juga menyarankan bagi pengguna platform tersebut untuk "upgrade" perangkat yang lebih baru, seperti Android 2.3 atau lebih baru, Windows Phone 8 atau lebih baru, dan iPhone dengan iOS 7 ke atas.

WhatsApp sayangnya tidak menyediakan pilihan untuk mentransfer chat history ke platform lain.

Sebagai gantinya, untuk keperluan backup, pengguna bisa menggunakan pilihan untuk mengirim chat history ke e-mail.

Apakah Anda masih menggunakan WhatsApp di platform Symbian?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.