Kompas.com - 18/07/2016, 10:59 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Softbank Group yang berasal dari Jepang telah menyetujui harga untuk membeli ARM, perusahaan perancang teknologi pemrosesan perangkat genggam. ARM dikenal sebagai "otak" dari iPhone dan smartphone Android berbasis Qualcomm Snapdragon, Mediatek, dan Samsung Exynos.

Harga pembelian tersebut adalah 31 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 407 triliun.

Namun saat ini, baik Softbank maupun ARM, sama-sama belum mengeluarkan pernyataan apapun terkait jual beli tersebut. Informasi soal pembelian ini diketahui dari sumber yang mengetahui negosiasi antara kedua perusahaan.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Reuters, kedua perusahaan diprediksi akan mengumumkan kesepatakan pada hari ini, Senin (18/7/2016).

Jika sudah diumumkan nanti, maka nilai pembelian itu akan menjadi salah satu yang terbesar di jagat teknologi.

Sebelumnya, pembelian atau akuisisi terbesar yang dilakukan Softbank terjadi pada 2013 silam. Mereka mengakuisisi saham pengendali Sprint, perusahaan telekomunikasi AS, seharga 22 miliar dollar AS atau setara Rp 288,5 triliun.

Sekadar diketahui, Softbank merupakan grup perusahaan yang bergerak di bidang internet dan telekomunikasi. Mereka memiliki layanan operator mobile di Jepang dan Sprint di AS, juga berinvestasi pada berbagai startup India hingga China.

Sedangkan ARM merupakan perusahaan asal Inggris. Mereka merancang teknologi microchip pada perangkat genggam dan komputer. Teknologi buatan mereka dipakai oleh Apple, Samsung serta Huawei untuk pembuatan prosesor masing-masing perusahaan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.