Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akun "Pokemon Go" Level Tinggi Dijual Jutaan Rupiah

Kompas.com - 18/07/2016, 13:12 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Wired

KOMPAS.com - Orang-orang kini mulai menjual akun Pokemon Go yang sudah mencapai level tinggi. Akun yang dijual itu biasanya memiliki Pokemon langka, mendapatkan medali-medali tertentu atau sekadar memiliki level tinggi.

Pembelinya tentu saja para pemain yang malas menaikkan levelnya. Pokemon Go memang menuntut pemainnya untuk aktif, misalnya berjalan kaki sejauh 2 kilometer hingga 10 kilometer demi menetaskan telur atau menangkap monster.

Seiring menangkap dan menetaskan Pokemon, pemain akan mendapatkan Experience Point yang berguna untuk menaikkan level. Jika level ini makin tinggi, maka potensi menemukan Pokemon langka untuk ditangkap pun ikut naik.

Ketika level tinggi, maka seperti dilansir KompasTekno dari Wired, Senin (18/7/2016), akun pun bisa dijual dengan harga yang mahal. Setidaknya, investasi yang dilakukan penjual untuk meningkatkan level itu akan terbayar.

Daftar akun-akun Pokemon Go yang dijual ini sekarang sudah mulai muncul di berbagai situs atau media sosial, antara lain adalah Craiglist, PlayerUp, dan Facebook. Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah untuk yang berlevel tinggi dan memiliki pokemon langka.

Ditentang Niantic

Di sisi lain, Niantic, perusahaan pengembang game tersebut, tak tinggal diam. Mereka menentang model penjualan akun seperti ini dan mengirimkan permintaan untuk menghapus tawaran penjualan akun di berbagai situs serta media sosial.

Tawaran penjualan akun Pokemon Go yang ada di Craiglist dan Facebook pun tak berumur panjang. Khususnya di Craiglist, setiap tawaran akun yang baru masuk akan dihapus dalam hitungan menit.

Sementara itu, PlayerUp, yang merupakan situs khusus jual beli akun game, terlihat masih memiliki tawaran akun Pokemon Go. Tawaran ini pun diprediksi akan semakin melonjak seiring dengan berbagai pembaruan yang dilakukan pada game tersebut.

“Baru kali ini saya melihat game yang baru di tahap awal tetapi sudah mendapatkan perhatian sangat besar. Saya yakin Pokemon Go akan sama suksesnya (dengan World of Warcraft dan Clash of Clans),” komentar CEO PlayerUp, Eric Schweitzer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Wired
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com