Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Salip Apple di Pasar PC Dunia

Kompas.com - 18/07/2016, 17:08 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber IDC

KOMPAS.com - Asus, vendor PC asal Taiwan, menyalip Apple di pasar PC dunia. Kini, Asus telah menjadi produsen PC terbesar keempat dunia berdasarkan jumlah pengiriman PC di kuartal kedua 2016. 

Menurut laporan data terbaru yang dirilis IDC, seperti dikutip KompasTekno, Senin (18/7/2016), jumlah pengapalan PC Asus naik 5,4 persen dari 4,2 juta unit di kuartal kedua 2015 menjadi 4,5 juta unit di kuartal yang sama tahun ini.

Pangsa pasar Asus pun naik dari 6,6 persen di tahun lalu menjadi 7,2 persen di tahun ini.

Sementara pengapalan PC Apple turun sebesar 8,3 persen dari 4,8 juta unit di kuartal kedua 2015 menjadi hanya 4,4 juta unit di kuartal dua 2016.

Pangsa pasar Apple pun menyusut dari 7,4 persen tahun lalu menjadi 7,1 persen di tahun ini.

Secara keseluruhan, menurut IDC, pengapalan PC dunia turun sebesar 4,5 persen di kuartal dua 2016 ini.

Lenovo masih menjadi produsen PC terbesar dunia dengan pangsa pasar tahun ini 21,1 persen. Mengikuti di belakangnya adalah HP dan Dell dengan masing-masing 20 dan 16 persen pangsa pasar.

Tahun lalu, vendor-vendor PC dunia mengapalkan lebih dari 65 juta unit PC ke penjuru dunia, sementara tahun ini hanya sekitar 62 juta unit saja.

Lembaga riset pasar Gartner sebelumnya juga telah memprediksi penurunan pengiriman PC ini.

Gartner mencatat sejumlah 64,3 juta unit PC dikapalkan secara global pada kuartal kedua 2016, lebih rendah 5,2 persen dibanding kuartal yang sama tahun sebelumnya.

“Salah satu masalah di pasar PC adalah peningkatan harga di beberapa wilayah akibat melemahnya nilai mata uang setempat dibanding dollar AS,” sebut principal analyst Gartner, Nikako Kitagawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber IDC

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com