Kompas.com - 18/07/2016, 17:08 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Asus, vendor PC asal Taiwan, menyalip Apple di pasar PC dunia. Kini, Asus telah menjadi produsen PC terbesar keempat dunia berdasarkan jumlah pengiriman PC di kuartal kedua 2016. 

Menurut laporan data terbaru yang dirilis IDC, seperti dikutip KompasTekno, Senin (18/7/2016), jumlah pengapalan PC Asus naik 5,4 persen dari 4,2 juta unit di kuartal kedua 2015 menjadi 4,5 juta unit di kuartal yang sama tahun ini.

Pangsa pasar Asus pun naik dari 6,6 persen di tahun lalu menjadi 7,2 persen di tahun ini.

Sementara pengapalan PC Apple turun sebesar 8,3 persen dari 4,8 juta unit di kuartal kedua 2015 menjadi hanya 4,4 juta unit di kuartal dua 2016.

Pangsa pasar Apple pun menyusut dari 7,4 persen tahun lalu menjadi 7,1 persen di tahun ini.

Secara keseluruhan, menurut IDC, pengapalan PC dunia turun sebesar 4,5 persen di kuartal dua 2016 ini.

Lenovo masih menjadi produsen PC terbesar dunia dengan pangsa pasar tahun ini 21,1 persen. Mengikuti di belakangnya adalah HP dan Dell dengan masing-masing 20 dan 16 persen pangsa pasar.

Tahun lalu, vendor-vendor PC dunia mengapalkan lebih dari 65 juta unit PC ke penjuru dunia, sementara tahun ini hanya sekitar 62 juta unit saja.

Lembaga riset pasar Gartner sebelumnya juga telah memprediksi penurunan pengiriman PC ini.

Gartner mencatat sejumlah 64,3 juta unit PC dikapalkan secara global pada kuartal kedua 2016, lebih rendah 5,2 persen dibanding kuartal yang sama tahun sebelumnya.

“Salah satu masalah di pasar PC adalah peningkatan harga di beberapa wilayah akibat melemahnya nilai mata uang setempat dibanding dollar AS,” sebut principal analyst Gartner, Nikako Kitagawa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber IDC

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.