Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Snapchat Ajak Pengguna Posting Foto Masa Lalu, Begini Caranya

Kompas.com - 19/07/2016, 14:32 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Snapchat selama ini dikenal dengan prinsip "kesempatan hanya datang sekali". Video, foto, dan pesan yang diterima dari teman cuma bisa dilihat sekali lalu terhapus selamanya.

Khusus untuk konten di Story, pengguna punya waktu 24 jam untuk melihat unggahan teman sebelum benar-benar hilang.

Pelan-pelan prinsip itu nampaknya mulai bergeser. Beberapa saat lalu Snapchat mengumumkan bahwa pertukaran pesan pada fitur chatting bisa dibuat tak langsung hilang setelah sekali baca.

Kini, layanan bernuansa kuning itu bahkan meluncurkan fitur bertajuk Memories. Dari namanya, fitur itu mendeskripsikan bahwa Snapchat sudah mau memberi kesempatan kedua bagi konten-konten masa lalu.

Ya, Snapchat kini tak lagi se-real time dulu. Anda tak harus mengunggah konten peristiwa pada secara langsung melalui kamera Snapchat, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (19/7/2016) dari blog resmi Snapchat. 

Anda sudah bisa menguggah foto-foto dan video dari camera roll yang dibidik kemarin, minggu lalu, bahkan tahun lalu. Teman-teman Anda pun bisa melihat unggahan itu lebih dari satu kali.

Snapchat Zhafirah (ka) dan Yuniar Afifa (ki) Perbedaan unggahan real-time (kiri) dan unggahan dari masa lalu (kanan).

Hanya saja, kemampuan kembali ke masa lalu ini baru tersedia bagi pengguna iOS. Anda perlu memperbarui aplikasi Anda lewat Apple App Store. Setelahnya, cara mengaplikasikan Memories cukup simpel.

Anda hanya perlu menggulir layar kamera Snapchat ke sisi atas. Snapchat bakal memperlihatkan konten-konten visual pada camera roll. Anda pun bisa memilih satu di antara foto dan video yang telah dibidik dan direkam jauh hari.

Konten itu bakal muncul di laman Snapchat dengan bingkai putih serupa foto hasil Polaroid. Ini sebagai penanda bagi teman bahwa konten yang Anda bagi berasal dari masa lalu. Dengan kemampuan ini, Anda bisa membuat Story dengan menggabungkan masa lalu dan masa sekarang.

Misalnya Anda sedang reuni dengan teman-teman SMP. Anda bisa mengunggah keseruan acara reuni lewat video dan foto, sambil menyisipkan beberapa konten throw back dari masa SMP dulu.

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com