Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Snapchat Ajak Pengguna Posting Foto Masa Lalu, Begini Caranya

Kompas.com - 19/07/2016, 14:32 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Snapchat selama ini dikenal dengan prinsip "kesempatan hanya datang sekali". Video, foto, dan pesan yang diterima dari teman cuma bisa dilihat sekali lalu terhapus selamanya.

Khusus untuk konten di Story, pengguna punya waktu 24 jam untuk melihat unggahan teman sebelum benar-benar hilang.

Pelan-pelan prinsip itu nampaknya mulai bergeser. Beberapa saat lalu Snapchat mengumumkan bahwa pertukaran pesan pada fitur chatting bisa dibuat tak langsung hilang setelah sekali baca.

Kini, layanan bernuansa kuning itu bahkan meluncurkan fitur bertajuk Memories. Dari namanya, fitur itu mendeskripsikan bahwa Snapchat sudah mau memberi kesempatan kedua bagi konten-konten masa lalu.

Ya, Snapchat kini tak lagi se-real time dulu. Anda tak harus mengunggah konten peristiwa pada secara langsung melalui kamera Snapchat, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (19/7/2016) dari blog resmi Snapchat. 

Anda sudah bisa menguggah foto-foto dan video dari camera roll yang dibidik kemarin, minggu lalu, bahkan tahun lalu. Teman-teman Anda pun bisa melihat unggahan itu lebih dari satu kali.

Snapchat Zhafirah (ka) dan Yuniar Afifa (ki) Perbedaan unggahan real-time (kiri) dan unggahan dari masa lalu (kanan).

Hanya saja, kemampuan kembali ke masa lalu ini baru tersedia bagi pengguna iOS. Anda perlu memperbarui aplikasi Anda lewat Apple App Store. Setelahnya, cara mengaplikasikan Memories cukup simpel.

Anda hanya perlu menggulir layar kamera Snapchat ke sisi atas. Snapchat bakal memperlihatkan konten-konten visual pada camera roll. Anda pun bisa memilih satu di antara foto dan video yang telah dibidik dan direkam jauh hari.

Konten itu bakal muncul di laman Snapchat dengan bingkai putih serupa foto hasil Polaroid. Ini sebagai penanda bagi teman bahwa konten yang Anda bagi berasal dari masa lalu. Dengan kemampuan ini, Anda bisa membuat Story dengan menggabungkan masa lalu dan masa sekarang.

Misalnya Anda sedang reuni dengan teman-teman SMP. Anda bisa mengunggah keseruan acara reuni lewat video dan foto, sambil menyisipkan beberapa konten throw back dari masa SMP dulu.

Selamat mencoba!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.