Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo Upgrade Vibe K5 Plus dengan RAM 3 GB

Kompas.com - 19/07/2016, 18:39 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lenovo baru saja mengumumkan ponsel seri Vibe K5 Plus dengan sedikit perubahan. Seri yang diumumkan pada Selasa, (19/7/2016), ini menawarkan RAM dengan kapasitas lebih besar, yaitu 3 GB.

4P Manager MBG Lenovo Indonesia, Anvid Erdian mengatakan RAM berkapasitas besar itu akan memberikan keuntungan lebih saat pengguna memakainya untuk virtual reality (VR). Apalagi ponsel ini memang dibekali dengan fitur TheaterMax yang bisa mengubah konten multimedia agar ditampilkan sebagai VR.

Sebelumnya, pada Juni lalu, perusahaan ponsel asal China ini memang sudah merilis Vibe K5 Plus di Indonesia. Pada saat itu seri yang dirilis hanya memiliki RAM 2 GB, meski sudah mendukung VR dan juga memiliki TheaterMax.

Bila melirik ke dalam spesifikasi serta fitur yang ditawarkan, sebenarnya tak banyak perubahan. Hanya soal RAM saja yang ditingkatkan.

Selain itu, pengguna masih sama-sama mendapatkan ponsel berukuran 5 inci, resolusi full high definition, prosesor Qualcomm Snapdragon 616 octa core 1,5 GHz, baterai 2.750 mAh serta sistem operasi Android 5.1 Lollipop.

“Sekarang masih Lollipop, tapi kami rencananya akan memberikan update ke Marshmallow. Ini untuk semua seri VR, yaitu Vibe K4 Note terdahulu, Vibe K5 Plus dan A7000 Special Edition,” terang Anvid saat ditemui usai peluncuran Vibe K5 Plus edisi RAM 3GB, di Jakarta.

Vibe K5 Plus ini juga memilki fitur Voice over LTE (VoLTE) secara native. Dengan demikian, asalkan memakai nomor operator yang sudah mendukung teknologi tersebut, pengguna bisa melakukan panggilan VoLTE, baik suara maupun video.

Untuk urusan penyimpanan data, Lenovo membekali Vibe K5 Plus dengan memori internal 16 GB. Bila kurang, ada slot MicroSD yang bisa menangani memori tambahan hingga maksimal 132 GB.

Sedangkan soal mengabadikan gambar, Lenovo mengandalkan sebuah kamera utama berketajaman 13 megapiksel dengan phase detection autofocus dan LED Flash. Ada juga sebuah kamera depan setajam 5 megapiksel.

Pengguna bisa membeli Vibe K5 Plus edisi RAM 3 GB ini seharga Rp 2,499 juta di toko online Blibli, Lazada, Erafone, Dinomarket, Bhineka, dan Mataharimall. Selain itu, karena bekerja sama dengan Smartfren, maka pengguna juga bisa mendapatknya secara offline melalui 15 outlet resmi operator ini.

Sedikit Lebih Mahal

Selisih RAM 1 GB itu harus ditebus sedikit lebih mahal oleh pengguna. Setidaknya, bila ingin membeli Lenovo Vibe K5 Plus edisi 3 GB ini, pengguna mesti menyiapkan uang Rp 2,499 juta.

Harga banderol itu hanya selisih sedikit saja dengan Vibe K5 Plus edisi RAM 2 GB yang ditawarkan seharga Rp 2,25 juta.

Dengan selisih sekecil ini dan RAM lebih besar, mungkin saja pengguna akan cenderung melirik pada Vibe K5 Plus terbaru. Tapi menurut Anvid, kecenderungan memilih itu tidak akan sampai membuat edisi RAM 2 GB ini tak laku.

“Sebelum lebaran lalu kami merilis Vibe K5 Plus edisi RAM 2 GB dan sambutannya bagus. Ponsel itu laris, saya tidak bisa menyebutkan jumlahnya, tapi pre-order waktu itu pun habis,” ujarnya.

“Saya yakin selisih harga ini tetap akan berpengaruh. (Kedua seri) tidak akan saling memakan. Pasalnya masih banyak juga pembeli yang sangat budget conscious. Selisih Rp 200.000 pun sangat berarti sehingga mereka akan memilih yang lebih murah,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com