Tiap Menit, "Pokemon Go" Raup Rp 143 Juta

Kompas.com - 19/07/2016, 20:20 WIB
Pokemon Go Kompas.com/David Oliver PurbaPokemon Go
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Tak berlebihan jika Pokemon Go disebut sebagai fenomena budaya baru. Seluruh dunia membicarakan game mobile tersebut sejak pertama kali dirilis pada dua pekan lalu.

Monetisasi game keluaran Nintendo itu pun lancar lewat maraknya pembelian item berbayar alias in-app purchase. Lantas, berapa duit yang sudah dicetak Niantic selaku studio pengembang Pokemon Go?

Anda bisa mengecek total pendapatan yang diraup dari Pokemon Go secara real time di situs AppInstitute, sebagaimana dilaporkan AndroidAuthority dan dihimpun KompasTekno, Selasa (19/7/2016).

Pantauan KompasTekno, total pendapatan Niantic dari Pokemon Go lebih kurang 22.000 dollar AS atau Rp 287 juta dalam dua menit, atau sekitar Rp 143 juta dalam satu menit.

Selanjutnya, hanya dalam empat menit, jumlah itu sudah berlipat ganda menjadi 40.000 dollar AS atau sekitar Rp 523 juta.

Tak cuma jumlah pendapatan, Anda juga bisa melihat total pengunduh Pokemon Go secara real time di masing-masing negara baik melalui iOS maupun Android.

Hanya saja, data pengunduh itu baru bisa ditilik di negara-negara resmi Pokemon Go seperti Selandia Baru, AS, Inggris, dan Australia. Pengunduh di negara lain teridentifikasi sebagai global others.

Dalam waktu tujuh menit, ada lebih dari 33.000 pengunduh baru Pokemon Go di seluruh dunia. Komposisinya lebih didominasi pengguna iOS ketimbang Android.

Di sisi paling bawah situs, Anda bisa pula mengintip jumlah waktu yang dihabiskan netizen di Pokemon Go per harinya. Hingga kini rata-rata netizen menghabiskan di atas 30 menit tiap hari untuk berburu Pokemon dan bertarung di Gym.

Waktu yang dihabiskan pengguna di Pokemon Go itu jauh mengalahi Facebook, Snapchat, Twitter, dan Instagram.

Apakah Anda adalah salah satu pemain yang menghabiskan waktu sebanyak itu di game berbasis augmented-reality tersebut? Atau Anda adalah salah satu penyumbang kas ke kantung Niantic?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.