Bisnis Ojek Motor Grab Diklaim Tumbuh 300 Persen

Kompas.com - 20/07/2016, 08:12 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisnis ojek motor Grab di Indonesia tumbuh pesat pada semester I 2016. Pertumbuhannya diklaim mencapai 300 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Meski begitu, CEO Grab, Anthony Tan enggan mengungkap detil angka pasti penetrasi layanan GrabBike secara spesifik, maupun Grab secara keseluruhan di Tanah Air.

Sebagai gambaran, ia mengatakan aplikasi Grab telah diunduh di lebih dari 17 juta perangkat di wilayah Asia Tenggara yang mencakup Indonesia, Singapura, Filipina, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

"Indonesia mengambil porsi paling besar di antara negara-negara lain," kata dia dalam acara media gathering di Restoran Bunga Rampai, Selasa (19/7/2016) di Jakarta.

Pengguna Grab di Indonesia pun terhitung produktif memanfaatkan layanan-layanan dalam aplikasi ride-sharing tersebut. Menurut Anthony, satu dari empat pengguna aktif bulanan Grab di Tanah Air menggunakan lebih dari satu layanan pada aplikasi Grab.

"Makanya layanan kami paling lengkap di Indonesia. Misalnya saja GrabFood, kami cuma hadirkan di Indonesia saja," ia menuturkan.

Subsidi dipangkas

Seiring dengan penerimaan pasar yang baik, Grab pun memangkas 50 persen subsidi bagi pengguna. Artinya, nominal pembayaran Grab bakal berangsur normal sesuai dengan kalkulasi bisnis yang sesungguhnya.

"Kami ingin membangun bisnis yang sustainable. Solusi transportasi yang efisien bukan soal pemberian subsidi," kata dia.

Ke depan, Grab bakal memperluas cakupan layanannya ke delapan kota lain di Nusantara. Saat ini, baru lima kota yang sudah bisa merasakan manfaat Grab, yakni Jakarta, Bali, Surabaya, Bandung, dan Padang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.