Video di Facebook Bisa Diputar Tanpa Internet

Kompas.com - 20/07/2016, 09:03 WIB
Logo baru Facebook The Next WebLogo baru Facebook
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com — Video yang muncul di aplikasi Facebook untuk Android kini bisa ditonton secara offline. Ya, pengguna tak lagi butuh koneksi internet, dengan syarat sudah menyimpan atau mengunduh video tersebut dalam perangkat Android mereka sebelumnya.

Hal itu berkat fitur baru yang diberi nama "Save Video" yang dirilis Facebook mulai hari ini, Rabu (20/7/2016).

Cara melakukannya pun mudah. Pengguna yang sedang membuka video di aplikasi jejaring sosial itu cukup menyentuh menu ikon titik tiga dan memilih tulisan "Save Video".

Selanjutnya, pengguna harus memutar video hingga detik terakhir dengan masih terhubung dengan internet. Bila tidak melakukan cara ini, video yang tersimpan nanti tidak akan bisa ditonton secara offline atau hanya muncul dalam kolom penyimpanan saja.

Seperti dilansir KompasTekno dari Lifehacker, Rabu (20/7/2016), setelah melakukan langkah-langkah tersebut, sentuhlah menu berbentuk hamburger (tiga garis datar) di kanan atas Facebook. Carilah kolom bertuliskan "Saved".

Kolom tersebut berisi video-video yang sudah disimpan dan bisa ditonton secara offline. Pengguna hanya bisa menonton video tersebut melalui aplikasi Facebook, tidak melalui aplikasi pemutar video lain.

Fitur Save Video sebelumnya hanya merupakan uji coba yang dilakukan di India. Namun, saat ini, Facebook telah merilisnya ke semua aplikasi mereka di sistem operasi Android.

Saat berita ini dinaikkan, fitur penyimpanan dan pemutaran video tanpa internet ini belum tersedia untuk platform iOS.



Sumber Lifehacker

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X