Kompas.com - 20/07/2016, 10:24 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Twitter membuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk mendapat tanda centang biru pada akunnya. Mulai hari ini, Rabu (20/7/2016), pengguna bisa mengajukan formulir agar akunnya terverifikasi alias verified account.

Sebelumnya, verified account hanya tersedia eksklusif bagi brand maupun figur publik di bidang media, politik, seni, olahraga, dan bisnis. Verified account sendiri berfungsi untuk menandai bahwa sebuah akun dapat dipercaya.

Kesempatan terbuka untuk mendaftarkan verified account mengesankan semua orang bisa mendapat tanda khusus itu. Meski demikian, Twitter menggarisbawahi bahwa formulir yang diajukan akan tetap disaring secara ketat.

"Sebuah akun bisa terverifikasi jika teridentifikasi sebagai kepentingan publik," kata perwakilan Twitter, sebagaimana dikutip KompasTekno, Rabu (20/7/2016) dari TheVerge.

Twitter punya alasan khusus mengapa pihaknya seakan melonggarkan predikat verified account untuk umum. Menurut layanan mikroblog berlogo burung biru itu, ada banyak orang-orang berpengaruh di luar sana yang belum tertangkap radar Twitter.

"Kami ingin memudahkan orang-orang untuk menemukan kreator dan sosok berpengaruh di Twitter. Maka dari itu, masuk akal bagi kami untuk membuka pengajuan akun terverifikasi," kata VP User Service Twitter, Tina Bhatnagar.

Dua di antara beberapa syarat untuk mendapat verified account adalah nama asli dan foto profil yang akurat. Jika sang pengaju menyertakan nama yang aneh dengan foto orang lain, Twitter tak akan mempertimbangkan akun itu sama sekali.

Saat ini, sekitar 310 juta warga maya merupakan pengguna aktif bulanan Twitter. Dari angka itu, 187.000 dibubuhi predikat verified account. Setelah pengajuan umum ini, entah berapa banyak jumlah verified account yang bakal berseliweran.

Anda bisa mengajukan verified account dengan mengisi formulir digital di tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.