Kompas.com - 20/07/2016, 13:42 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Nilai pasar (market value) perusahaan Nintendo melonjak tajam dalam sepekan terakhir, semenjak dirilisnya game Pokemon Go. Nilai perusahaan asal Jepang itu kini telah melampaui sesama perusahaan Jepang, Sony.

Menurut Bloomberg, seperti dikutip KompasTekno, Rabu (20/7/2016), nilai perusahaan Nintendo di pasar melonjak dari sekitar 20 miliar dollar AS menjadi 39 miliar dollar AS (sekitar Rp 510 triliun) di bursa saham Tokyo pada Selasa (19/7/2016).

Bahkan, pada Jumat (15/7/2016) minggu lalu, saham Nintendo mencatat rekor sebagai saham yang paling banyak diperdagangkan dalam sehari di Jepang.

Tak heran jika saham Nintendo banyak diburu, sebab menurut perusahaan analisis software AppInstitute, game Pokemon Go bisa meraih pendapatan lebih kurang 22.000 dollar AS atau Rp 287 juta per dua menit, atau sekitar Rp 143 juta dalam satu menit.

Sementara firma analis SuperData Research menghitung estimasi pemasukan yang didapat Nintendo dalam sepekan adalah sebesar 14 juta dollar AS atau senilai Rp 184 miliar.

Firma tersebut membeberkan estimasi berdasarkan jumlah pengunduh dan potensi pemasukan dari Pokemon Go.

Meski mendulang sukses pada pekan debutnya, SuperData memprediksi popularitas Pokemon Go tak akan selamanya di atas awan. Menurut firma itu, Pokemon Go bakal mulai mandek bulan depan.

SuperData menyebut jumlah pengguna aktif Pokemon Go akan perlahan menciut. Sebab, banyak pemain yang hanya terbawa arus tren.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.