Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Rumah Sakit Ini, "Pokemon Go" Dipakai untuk Terapi Fisik

Kompas.com - 20/07/2016, 16:07 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber USA Today

KOMPAS.com - Selain menghibur, game Pokemon Go juga memiliki dampak positif lainnya. Salah satu contoh, permainan ini sudah dimanfaatkan untuk membantuk terapi fisik di rumah sakit.

Rumah sakit yang sudah memanfaatkan hal tersebut adalah RS Anak C.S. Mott di University of Michigan Health System (UMHS), AS.

Pihak RS memakai Pokemon Go untuk memicu anak-anak bergerak meninggalkan tempat tidurnya dan meringankan perasaan tertekan karena berada di rumah sakit.

Dalam sebuah video yang diunggah ke YouTube, J.J. Bouchard, seorang Digital Media Manager sekaligus spesialis anak di C.S. Mott, menceritakan bahwa Pokemon Go membuat tugasnya melakukan terapi fisik jadi lebih mudah. Cukup lakukan sambil mengajak mereka bermain dan anak-anak itu pun menurut saja.

“Jika saya ingin meminta seorang akan mengangkat lengan atau menurunkannya, saya bisa mengatakan ‘Hey, posisi Pokemon-nya sedikit lebih ke bawah. Bisakah kamu menjangkaunya?’,” ujar ahli terapi fisik tersebut.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari USA Today, Rabu (20/7/2016), Pokemon Go juga membuat anak-anak yang menjadi pasien itu menjadi lebih ceria, tidak merasa takut pada situasi rumah sakit, dan bisa saling berinteraksi dengan sesamanya.

Anak-anak yang dulu tak saling mengenal kini bisa saling mengobrol di dekat Pokestop. Biasanya para pasien akan berhenti untuk minta tolong dipotret bersama Pokemon yang hanya terlihat dalam ponsel saja.

“Ini cara yang menyenangkan untuk mengajak pasien berjalan-jalan. Aplikasi ini membuat mereka mau meninggalkan tempat tidur dan berkeliling rumah sakit,” pungkas Bouchard.

Meski C.S. Mott mengizinkan dan memanfaatkan permainan Pokemon Go dalam batas tertentu, ada juga rumah sakit atau institusi lain yang melarang. Larangan tersebut biasanya untuk menghindari ada orang atau pasien yang memasuki tempat tertentu gara-gara mengejar Pokemon.

Anda bisa menyaksikan video anak-anak bermain Pokemon Go di Rumah Sakit Anak C.S. Mott di bawah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber USA Today


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com