Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Pengubah Foto Jadi Lukisan Segera Hadir di Android

Kompas.com - 20/07/2016, 19:08 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Jika ditanya, aplikasi smartphone apa yang paling populer saat ini, kebanyakan orang pasti akan menjawab Pokemon Go. Namun, jangan lupakan aplikasi editing foto bernama Prisma. Aplikasi ini diam-diam juga sedang naik daun.

Mengapa ia belum begitu terdengar? Untuk saat ini, aplikasi bikinan perusahaan asal Rusia tersebut memang baru beredar di platform iOS saja. Kabar baiknya, aplikasi yang bisa "menyulap" foto menjadi karya seni bak lukisan itu bakal tersedia dalam waktu dekat di Android.

Bagi yang sudah tidak sabar, pihak Prisma baru saja mengungkapkan bahwa versi beta dari aplikasi tersebut segera bisa di-download.

Alexey Moiseenkov, sang pengembang, menuturkan lewat Facebook resminya, pengguna Android yang berminat mencoba versi beta bisa mendaftar newsletter di situs resmi Prisma. Setelah itu, pihak Prisma baru akan mengirimkan tautan menuju APK resmi aplikasi ini.

"Daftar untuk versi beta, Android bakal heboh! http://prisma-ai.com/," tulis Moiseenkov, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Rabu (20/7/2016).


Meski tidak akan langsung mendapat link download, pendaftar akan diprioritaskan sebagai pihak-pihak awal yang meraih aplikasi itu.

Prisma sendiri mampu mengubah foto biasa menjadi karya seni bercita rasa tinggi. Pengguna cukup membidik foto apa saja, baik selfie maupun pemandangan alam. Setelahnya, pemain bisa memilih 33 filter yang tersedia pada Prisma.

Tiap-tiap filter akan mengubah foto menjadi sketsa pensil, lukisan realis, atau lukisan-lukisan dengan gaya yang beragam. Pengguna juga bisa menyetel intensitas pengeditan dengan menggeser skala pada layar.

Aplikasi ini menggunakan kombinasi dari jaringan saraf tiruan alias neural networks dengan intelijen buatan atau artificial intelligence untuk mengaplikasikan filter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com