Lazada Belajar 3 Hal dari Alibaba

Kompas.com - 21/07/2016, 07:42 WIB
Barang yang sudah dikemas dan siap dikirimkan di gudang baru Lazada Indonesia, Cakung, Jakarta Utara. Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.comBarang yang sudah dikemas dan siap dikirimkan di gudang baru Lazada Indonesia, Cakung, Jakarta Utara.
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Saham mayoritas Lazada kini dikuasai Alibaba selaku e-commerce terbesar di China. Meski begitu, Alibaba tak serta-merta mengintervensi urusan dapur Lazada.

Menurut co-CEO Lazada Indonesia, Duri Granziol, hubungan Alibaba dan Lazada pasca akuisisi lebih mengarah ke relasi kakak-beradik.

"Kami banyak berdiskusi tentang tantangan kami dan rencana ke depan. Mereka mendengarkan dan memberi masukan," kata dia, Rabu (20/7/2016), dalam sesi media di Jakarta.

Duri mengatakan pengalaman Alibaba yang lebih dulu terjun di industri e-commerce memberi pelajaran berarti bagi Lazada. Setidaknya ada tiga nilai Alibaba yang menginspirasi Lazada.

1 Pentingnya keamanan dan pengalaman konsumen.

Lazada mengatakan bakal meningkatkan sektor teknis layanannya seperti kecepatan pengiriman barang, keamanan digital, hingga antarmuka situs dan aplikasi yang lebih ramah alias user-friendly.

Menurut Florian Holm yang juga menjabat co-CEO Lazada Indonesia, Alibaba telah memiliki sistem teknis yang mumpuni dan patut dicontoh untuk menjamin kepuasan pelanggan. Dalam hal pembayaran online, sistem milik Alibaba dinilai sangat kokoh.

Untuk itu, metode HelloPay milik Lazada bakal diintegrasikan dengan layanan pembayaran online milik Lazada. Florian tak menjabarkan secara detil kapan rencana itu akan direalisasikan.

2. Memperkuat ekosistem

Menurut Florian, raksasa sebesar Alibaba sejatinya tak memiliki struktur organisasi gendut. Agar lebih efisien, Alibaba bermitra dengan banyak pihak. Hal ini telah dilakukan Lazada pada beberapa sektor, namun akan lebih digenjot lagi.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X