Melihat Taman Bermain Digital Samsung di Jantung Seoul

Kompas.com - 21/07/2016, 08:14 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

SEOUL, KOMPAS.com - Di pusat kota Seoul, Korea Selatan, Samsung mendirikan sebuah gedung galeri bernama D'Light, gabungan dari kata "Digital" dan "Light" serta disusun agar terdengar mirip dengan kata "delight" dari bahasa Inggris.

Tingginya tiga lantai. Basement berisi toko yang menjual perangkat-perangkat elektronik Samsung. Lantai dua memamerkan aneka konsep perangkat masa depan dari Samsung, sementara lantai dasar menyajikan berbagai alat interaktif digital berbentuk permainan yang bisa dicoba oleh pengunjung.

Bisa dibilang konsep gedung yang terletak persis di sebelah kantor Samsung di daerah Seocho-gu, pusat kota Seoul tersebut merupakan gabungan antara outlet untuk berjualan dengan "taman bermain" interaktif dan ajang pamer teknologi.

Oik Yusuf/KOMPAS.com Area duduk di beranda depan.

"Tempat ini sering dikunjungi oleh anak-anak sekolah untuk belajar mengenal teknologi terbaru dari Samsung. Karena itu kami harus mengemas aneka teknologi tersebut dalam bentuk permainan agar seru untuk mereka," ujar seorang pemandu yang mengantar KompasTekno dan rombongan wartawan lain menelusuri isi D'Light hari itu, Rabu (20/7/2016).

Pada dasarnya pengunjuk diajak membuat kreasi gambar berisi foto diri dan elemen lain yang didapatkan dengan mengikuti lajur berisi alat-alat interaktif dengan tema "Emotion", "Intuition", "Share", "Sync", "Sense", dan "Imagination".

Oik Yusuf/KOMPAS.com Pemandu menjelaskan cara kerja salah satu perangkat interaktif.
Masing-masing dipakai untuk menambahkan pemikiran pengunjung mengenai diri sendiri dan visi masa depannya dalam gambar akhir, di samping menjadi ajang pamer teknologi Samsung seperti gesture control dan face recognition. Teknologi-teknologi inilah yang dikemas dalam bentuk permainan lewat alat interaktif.

Oik Yusuf/KOMPAS.com Salah satu perangkat interaktif yang tersedia di D'Light, dengan tema "Intuituon".
Oik Yusuf/KOMPAS.com Pemandu menjelaskan cara kerja salah satu perangkat interaktif bertema "Emotion".
Ada gelang berteknologi NFC yang akan langsung mengaktifkan sebuah kamera begitu didekatkan. Kamera itu akan merekam wajah pengunjung yang memakai gelang untuk disertakan dalam sebuah template gambar. Ada juga alat yang dikendalikan dengan gerakan tangan di udara.

Oik Yusuf/KOMPAS.com Sejumlah remaja menjajal kebolehan perangkat Virtual Reality Gear VR
Sejumlah teknologi lain dari Samsung ikut disebar dalam ruangan besar di lantai dasar. Di sebuah pojokan, tampak sekelompok anak berteriak-teriak kegirangan saat mencoba simulasi roller coaster lewat teknologi Virtual Reality (VR), lengkap dengan kursi khusus untuk memberikan sensasi guncangan.

Oik Yusuf/KOMPAS.com Lantai basement berisi toko yang menjual aneka alat elektronik Samsung
Oik Yusuf/KOMPAS.com Perangkat Samsung Galaxy di galeri toko Samsung Dlight di Korea Selatan.
Samsung turut menggelar sejumlah produk terbarunya untuk dicoba oleh pengunjung, seperti tablet Galaxy Tab S2 dan smartphone Galaxy S7.

Oik Yusuf/KOMPAS.com Televisi melengkung ukuran 100 inci seharga miliaran rupiah yang menyambut pengunjung.
Sebuah TV dengan layar melengkung berukuran 100 inci ditaruh di bagian depan, dekat pintu masuk, untuk langsung menyambut pengunjung. "Televisi ini sudah dijual di pasaran. Harganya 128.000 dollar AS (sekitar Rp 1,6 miliar)," kata sang pemandu menyebut angka yang mencengangkan.

Galeri Samsung D'Light dibuka mulai pukul 10.00 hingga 19.00 waktu setempat. Tempat ini terbuka untuk umum, tapi dianjurkan untuk reservasi terlebih dahulu apabila ingin mengajak rombongan dan ingin memanfaatkan jasa pemandu untuk menjelaskan aneka produk dan teknologi di dalamnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.