Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Layar Gorilla" Versi Baru Lebih Kuat dari Sebelumnya

Kompas.com - 21/07/2016, 12:42 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Dua tahun setelah merilis Gorilla Glass 4, Corning memperkenalkan produk kaca tangguh terbarunya. Melanjutkan seri sebelumnya, produk baru tersebut dinamakan Gorilla Glass 5.

Apa yang membedakan Gorilla Glass 5 dari generasi sebelumnya? Menurut Corning, produk baru pihaknya ini lebih kuat. Kaca mampu bertahan meski terjatuh dari ketinggian sekitar lengan atau pundak manusia, yakni 1,6 meter.

Gorilla Glass 4, yang diperkenalkan pada tahun 2014 lalu, menawarkan perlindungan dari ketinggian sekitar 1 meter.

Corning mengungkapkan, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Kamis (21/7/2016), Gorilla Glass 5 didesain untuk memberikan perlindungan untuk skenario jatuh yang umum.

Berdasarkan pengujian, kaca pelindung layar utama tersebut mampu bertahan (tidak retak) sekitar 80 persen saat dijatuhkan dalam posisi layar ke bawah dari ketinggian 1,6 meter. Pengujian dilakukan di permukaan keras.

Menurut studi yang dilakukan Corning, lebih dari 85 persen pengguna smartphone menjatuhkan perangkatnya setidaknya sekali dalam satu tahun.

Sedangkan, sekitar 55 persen menjatuhkan perangkatnya tiga kali atau lebih dalam satu tahun.

Penelitian yang sama juga menyebutkan sekitar 60 persen dari pengguna smartphone menjatuhkan perangkat dari ketinggian sekitar lengan atau pundak.

Oleh karena itulah, Corning memutuskan untuk membuat kaca yang mampu bertahan jatuh dari ketinggian tersebut.

Produk Corning sendiri sudah digunakan lebih dari 1.800 model perangkat, yang berasal dari 40 vendor. Dalam 10 tahun belakang, sekitar 4,5 miliar perangkat dikirim dengan menggunakan produk Corning.

Kembali ke Gorilla Glass 5, produk yang satu ini sudah mulai diproduksi secara massal. Produk jadinya dijanjikan bakal bisa dilihat beberapa bulan mendatang. Itu artinya, bakal ada smartphone flagship yang mungkin sudah dilindungi oleh produk tersebut.

Produk apakah itu? Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com