Nvidia Titan X Versi 2016 Dijual Rp 15,7 Juta

Kompas.com - 22/07/2016, 13:23 WIB
Kartu grafis Nvidia Titan X NvidiaKartu grafis Nvidia Titan X
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Nvidia resmi meluncurkan seri kartu grafis high-end terbarunya, Titan X. Ini merupakan seri penerus dari produk bernama sama yang dirilis beberapa bulan lalu.

Chip kartu grafis seri tahun 2016 ini dibangun dengan menggunakan arsitektur Pascal terbaru. Dengan teknologi itu, Titan X baru tersebut diklaim lebih hemat daya ketimbang generasi sebelumnya.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Venture Beat, Jumat (22/7/2016), Titan X memiliki performa yang sangat tinggi.

Pasalnya, ia dilengkapi dengan spesifikasi seperti memori GDDR5X 12 GB, 3,584 core, dan berlari di kecepatan 1,53 GHz. Performanya sendiri dikatakan mampu mencapai 11 teraflops.

Nvidia menyebut Titan X sebagai GPU terbesar saat ini. Produk itu sendiri memang dilengkapi dengan 12 miliar transistor.

Titan X generasi terbaru ini akan tersedia secara perdana pada tanggal 2 Agustus mendatang di Amerika Serikat dan Eropa. Banderolnya sangat tinggi, yakni 1.200 dollar AS atau sekitar Rp 15,7 juta.

Harga tersebut lebih tinggi 200 dollar AS (sekitar Rp 2,6 juta) dari Titan X versi 2015 saat pertama kali dirilis beberapa saat lalu.

Titan X versi 2015 sendiri resmi diluncurkan pada Maret 2016. Generasi ini menggunakan 8 miliar transistor dan dibangun menggunakan arsitektur Maxwell.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X