Verizon Hampir Pasti Beli Yahoo Rp 65 Triliun

Kompas.com - 24/07/2016, 09:13 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Setelah melalui proses panjang, proses akuisisi Yahoo dikabarkan akan mencapai kesepakatan. Adalah operator seluler asal AS, Verizon Communication yang digosipkan bakal menjadi pembeli inti bisnis perusahaan internet tersebut.

Menurut sumber yang tidak mau disebutkan namanya kepada Recode dan dikutip KompasTekno, Minggu (24/7/2016), Verizon sudah menyiapkan dana hingga 5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 65,5 triliun untuk membeli Yahoo.

Sementara itu, aset yang tidak termasuk dalam inti bisnis Yahoo bakal dijual secara terpisah. Aset tersebut akan memberikan pemasukan tambahan ratusan juta dollar AS kepada perusahaan yang pernah tenar di era 90-an hingga 2000-an itu.

Yahoo dikatakan sudah hampir menyetujui penawaran dari raksasa telko tersebut. Bahkan, perjanjian di antara keduanya dikatakan sudah akan diumumkan dalam beberapa hari ke depan.

Pemilihan Verizon sebagai pemilik Yahoo uang baru sangat masuk akal. Pasalnya, Verizon dianggap memiliki bisnis yang dianggap mirip.

Sebelumnya, Verizon memang sudah membeli perusahaan media AOL. Dengan teknologi iklan digital yang dimiliki Yahoo dan dikombinasikan dengan AOL, Verizon dikatakan dapat bersaing dengan dua raksasa internet lain, yakni Facebook dan Google.

"Jika Verizon menawar dengan harga begitu tinggi, mereka kemungkinan akan mendapatkannya, karena Verizon merupakan taruhan yang aman bagi Yahoo," kata pesaing Verizon dalam urusan tawar menawar ini.

Proses penjualan Yahoo sendiri sudah berlangsung cukup lama. Sejumlah perusahan kabarnya telah mengajukan tawaran, termasuk Microsoft, AT&T, hingga orang terkaya ketiga sejagat, Warren Buffet.

Besarnya nilai tawaran yang diajukan para peserta lelang untuk bisnis Yahoo disebut mencapai kisaran 4 miliar dollar AS atau sekitar Rp 54,3 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Recode

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.