AMD Radeon RX 480 Masuk Indonesia, Harganya?

Kompas.com - 24/07/2016, 10:47 WIB
Kartu grafis AMD Radeon RX 480, produk pertama berbasis GPU Polaris yang digadang-gadang akan memasyarakatkan Virtual Reality AMDKartu grafis AMD Radeon RX 480, produk pertama berbasis GPU Polaris yang digadang-gadang akan memasyarakatkan Virtual Reality
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Sesuai janji, kartu grafis Radeon RX 480 akhirnya resmi diluncurkan untuk pasar Indonesia. Acara peluncuran kartu grafis berbasis GPU "Polaris" terbaru dari AMD ini sendiri sudah berlangsung pekan ini.

Sayangnya, AMD masih belum membeberkan harga pasti dari kartu grafis tersebut di Indonesia. Dalam keterangan tertulis yang KompasTekno terima, Minggu (24/7/2016), AMD hanya mengacu pada harga global untuk Radeon RX 480.

Radeon RX 480 8 GB dijual dengan harga 239 dollar AS atau sekitar Rp 3,1 juta. Sementara itu, produk dengan spesifikasi yang sedikit lebih rendah, yakni Radeon RX 480 4 GB, dijual dengan harga 199 dollar AS atau setara Rp 2,6 juta.

AMD mengklaim, ekosistem PC di Indonesia sudah menunjukan antusiasmenya terhadap peluncuran kartu grafis ini. Hal tersebut terbukti dengan tingginya calon pembeli dalam masa pre-order. Meskipun begitu, AMD tidak menyebutkan angka pastinya.

Di Indonesia sendiri, sudah ada delapan merek kartu grafis yang telah menyatakan kesiapannya untuk memasarkan AMD Radeon RX 480 yang pertama kali dikenalkan dalam ajang Computex 2016 di Taipei, Taiwan, awal Juni lalu.

Dengan teknologi fabrikasi 14 nm FinFET, GPU Polaris yang tertanam di kartu grafis ini dijanjikan menyediakan solusi kartu grafis berkinerja tinggi untuk gaming Virtual Reality sambil tetap mempertahankan konsumsi daya yang rendah dan harga terjangkau.

Kinerja komputasi RX 480 diklaim mencapai lebih dari 5 teraflops, dengan compute unit sebanyak 36 buah dan bandwidth memori 256 GBps. RAM yang digunakan berjenis GDDR5 dengan pilihan kapasitas 4 GB atau 8 GB.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X