Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AMD Radeon RX 480 Masuk Indonesia, Harganya?

Kompas.com - 24/07/2016, 10:47 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Sesuai janji, kartu grafis Radeon RX 480 akhirnya resmi diluncurkan untuk pasar Indonesia. Acara peluncuran kartu grafis berbasis GPU "Polaris" terbaru dari AMD ini sendiri sudah berlangsung pekan ini.

Sayangnya, AMD masih belum membeberkan harga pasti dari kartu grafis tersebut di Indonesia. Dalam keterangan tertulis yang KompasTekno terima, Minggu (24/7/2016), AMD hanya mengacu pada harga global untuk Radeon RX 480.

Radeon RX 480 8 GB dijual dengan harga 239 dollar AS atau sekitar Rp 3,1 juta. Sementara itu, produk dengan spesifikasi yang sedikit lebih rendah, yakni Radeon RX 480 4 GB, dijual dengan harga 199 dollar AS atau setara Rp 2,6 juta.

AMD mengklaim, ekosistem PC di Indonesia sudah menunjukan antusiasmenya terhadap peluncuran kartu grafis ini. Hal tersebut terbukti dengan tingginya calon pembeli dalam masa pre-order. Meskipun begitu, AMD tidak menyebutkan angka pastinya.

Di Indonesia sendiri, sudah ada delapan merek kartu grafis yang telah menyatakan kesiapannya untuk memasarkan AMD Radeon RX 480 yang pertama kali dikenalkan dalam ajang Computex 2016 di Taipei, Taiwan, awal Juni lalu.

Dengan teknologi fabrikasi 14 nm FinFET, GPU Polaris yang tertanam di kartu grafis ini dijanjikan menyediakan solusi kartu grafis berkinerja tinggi untuk gaming Virtual Reality sambil tetap mempertahankan konsumsi daya yang rendah dan harga terjangkau.

Kinerja komputasi RX 480 diklaim mencapai lebih dari 5 teraflops, dengan compute unit sebanyak 36 buah dan bandwidth memori 256 GBps. RAM yang digunakan berjenis GDDR5 dengan pilihan kapasitas 4 GB atau 8 GB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com