Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Samsung Gandeng Penyedia Konten Video Lokal di Indonesia?

Kompas.com - 24/07/2016, 16:51 WIB
Oik Yusuf

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Produk televisi pintar (Smart TV) Samsung yang tersambung ke internet menyediakan layanan online bernama TV Plus. Di dalamnya terdapat aneka konten video gratis dari para pembuat konten lokal di sebuah negara.

Layanan video on-demand mirip Netflix yang bisa diakses lewat produk-produk TV pintar Samsung ini pada awal Juni lalu sudah hadir di dua negara Asia Tenggara, yakni Vietnam dan Thailand.

Namun, pihak Samsung mengaku belum berencana merilis fitur serupa untuk para pengguna TV pintarnya di Indonesia. Alasan di balik keputusan ini berkaitan dengan masih sedikitnya pengguna Smart TV di Indonesia.

Menurut pihak Samsung pusat di Korea Selatan, dari produk-produk TV yang terjual di Indonesia pada 2015 lalu, hanya 15 persen di antaranya merupakan Smart TV.

Vice President Global Marketing Group Visual Display Sales & Marketing Team Samsung Electronics Sunghee Han mengaku tidak mengetahui apa persisnya penyebab minat masyarakat Indonesia yang masih rendah terhadap Smart TV. Dia hanya menduga salah satu sebabnya berhubungan dengan koneksi internet.

"Di Indonesia, saya rasa salah satu faktornya adalah kecepatan akses internet. SmartTV membutuhkan internet cepat untuk streaming konten online, jadi harus didukung oleh infrastruktur jaringan yang memadai,” katanya saat dijumpai KompasTekno di markas Samsung Electronics di Samsung Digital City, kota Suwon, Korea Selatan, Kamis (21/7/2016).

Dengan demikian, Samsung Indonesia pun belum bisa menggandeng para pembuat konten lokal di Tanah Air. Di negeri asalnya, Samsung telah bekerjasama dengan 40 pembuat konten lokal sejak pertama kali memulai inisiatif TV Plus pada 2013 lalu.

Secara terpisah, pihak Samsung Indonesia menyatakan masih belum bisa memastikan kapan layanan TV Plus akan hadir di televisi-televisi pintar Samsung yang dimiliki oleh konsumen Tanah Air.

Hanya disebutkan bahwa Samsung baru akan mulai menggandeng para pembuat konten lokal apabila konsumen Indonesia dinilai sudah membutuhkan layanan TV Plus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com