Banyak yang Pakai, Aplikasi Prisma Tumbang

Kompas.com - 25/07/2016, 17:17 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Server milik Prisma sedang kepenuhan. Hal tersebut diketahui dari notifikasi yang muncul di aplikasi.

Ketika KompasTekno ingin menaruh filter atau me-render gambar, baik melalui platform Android dan iOS, pada Senin (25/7/2016) sore, aplikasi tersebut mengirimkan peringatan server yang sedang kepenuhan tersebut.

"Prisma kelebihan kapasitas. Ada terlalu banyak orang menggunakan Prisma saat ini. Mohon tunggu sebentar dan mencoba lagi," berikut notifikasi yang muncul ketika KompasTekno memakai aplikasi tersebut.

Baca: Apa Itu Aplikasi Prisma?

Prisma Aplikasi prisma tidak bisa memroses foto pada Senin (25/7/2016), akibat terlalu banyak pemakai aplikasi.

Hingga saat ini, belum ada pernyataan resmi dari pihak Prisma, baik di akun resminya di Twitter dan Facebook, mengenai masalah tersebut.

Aplikasi Prisma sendiri baru hadir di platform Android hari ini, Senin (25/7/2016). Sebelumnya, aplikasi manipulasi foto ini hanya tersedia di platform iOS saja.

Sebelumnya, pada minggu lalu, Prisma membuka pendaftaran bagi pengguna Android yang berminat mencoba versi beta aplikasinya.

Versi Android yang dirilis oleh Prisma adalah versi 1.0 dengan update terakhir pada 24 Juli lalu.

Aplikasi Prisma mampu mengubah foto biasa menjadi karya seni bercita rasa tinggi. Pengguna cukup membidik foto apa saja, baik selfie maupun pemandangan alam. Terdapat 36 filter foto yang bisa dipilih oleh pengguna.

Tiap-tiap filter akan mengubah foto menjadi sketsa pensil, lukisan realis, atau lukisan-lukisan dengan gaya yang beragam. Pengguna juga bisa menyetel intensitas pengeditan dengan menggeser skala pada layar.

Aplikasi ini menggunakan kombinasi dari jaringan saraf tiruan alias neural networks dengan intelijen buatan atau artificial intelligence untuk mengaplikasikan filter.

Prisma sendiri sangat digemari di platform iOS. Pihak pengembang mengklaim sudah ada 400 juta foto yang di-Prisma-kan dan 10,6 juta instalasi di iOS semenjak pertama kali dirilis pada awal Juli ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.