Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Palapa Ring Barat Pakai Pinjaman Bank Mandiri Rp 875 Miliar

Kompas.com - 25/07/2016, 18:46 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengerjaan proyek Palapa Ring Paket Barat akan dilakukan dengan menggunakan dana pinjaman dari Bank Mandiri sebesar Rp 873 miliar.

Tender Proyek Palapa Ring Paket Barat sendiri dimenangkan oleh konsorsium PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo) dengan PT Ketrosden Triasmitra.

CEO Moratelindo Galumbang Menak Simanjuntak mengatakan bahwa total pinjaman tersebut meliputi 80 persen dari dana yang dibutuhkan. Proyek Palapa Ring Paket Barat sendiri membutuhkan dana Rp 1,28 triliun.

“Sisanya, 20 persen (sekitar Rp 4,05 triliun) akan menggunakan dana dari Moratelindo. Itu Moratelindo semua,” ujarnya saat ditemui usai Penandatanganan Pembiayaan Bank Mandiri untuk Palapa Ring Paket Barat di Jakarta, Senin (25/7/2016).
 
Rencananya, pinjaman tersebut berjangka 8 tahun dengan masa tenggang 2 tahun. Sedangkan bunga yang dibebankan, menurut Galumbang, berada di kisaran 9 persen per tahun.

“Kami dapat bunga rendah. Ini yang pertama kali terjadi rate (bunga) cuma satu digit. Cuma sembilan koma sekian persen saja,” terang Galumbang.

Palapa Ring Paket Barat

Proyek Palapa Ring merupakan usaha pemerintah dalam membangun infrastruktur serat optik yang menjangkau berbagai daerah terpencil di Indonesia. Pemerintah melakukan tender dan membagi proses pembangunannya ke dalam tiga wilayah, yaitu Barat, Tengah dan Timur.

Paket Barat yang digarap oleh konsorsium Moratelindo menjangkau wilayah Riau dan Kepulauan Riau, hingga Pulau Natuna. Total kabel serat optik yang dibutuhkan dalam proyek ini mencapai 2.000 kilometer.

“Barat ini tidak ada Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), tapi nanti Timur diminta 30 persen. Untuk kabel ini (di barat) kami memakai buatan NSW dari Jerman dan Nexans dari Norwegia. Kami pakai yang bagus-bagus dulu di barat,” imbuh Galumbang.

Penandatanganan perjanjian pinjaman tersebut dilakukan oleh Direktur Commercial Banking Bank Mandiri Kartini Sally dan Direktur Utama PT Palapa Ring Barat Syarif Lumintarjo. Prosesi disaksikan Menteri Kominfo Rudiantara dan Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo.

Proyek Palapa Ring Paket Barat ini adalah kerja sama antara pemerintah dengan badan usaha dan mendapat penjaminan dari PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia.

Kartika mengatakan kerja sama pinjaman ini merupakan wujud kontribusi Bank Mandiri terhadap kesuksesan proyek strategis nasional.

“Kami berharap ini membantu memperkuat infrastruktur telekomunikasi dan bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia sehingga lebih unggul,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com