Google Bisa Blokir Telepon "Sales" Kartu Kredit

Kompas.com - 26/07/2016, 16:14 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com — Menerima panggilan telepon dari nomor tak dikenal kadang bikin tak nyaman, apalagi jika ternyata dari pihak yang tak diharapkan, seperti sales kartu kredit dan asuransi. Google paham akan hal tersebut dan hadir dengan solusi.

Pada aplikasi Android Phone, Google menyematkan fitur yang memungkinkan ponsel mendeteksi nomor spam untuk kemudian diblok. Fitur itu dinamai spam call detection, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (26/7/2016), dari TechCrunch.

Pada 2013 lalu, Android Phone sejatinya sudah memiliki fitur caller ID. Fitur tersebut bertujuan mengidentifikasi nomor dari sales atau marketing suatu perusahaan, sekalipun tak tersimpan pada daftar kontak pengguna. 

Dirangkaikan bersama peluncuran Android KitKat, caller ID diklaim efektif mereduksi penerimaan telepon yang tak diharapkan. Kini, fitur spam call detection diposisikan sebagai pelengkap caller ID.

Intinya spam call detection tak cuma mengidentifikasi, tetapi bisa langsung memblokir ketika menerima panggilan. Dengan ini, di lain waktu pengguna tak perlu lagi pura-pura tak mendengar panggilan dari spammer karena pengguna sama sekali tak perlu mendengar bunyi panggilan masuk dari mereka.

Hal ini sejatinya mirip dengan aplikasi TrueCaller. Apple juga mulai mengimplementasikannya pada sistem operasi iOS 10 yang baru rilis awal bulan ini.

Spam call detection sendiri saat ini baru berfungsi terbatas, yakni bagi pengguna Nexus atau Android One. Belum jelas kapan Google akan memboyongnya untuk pengguna Android lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber TechCrunch

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.