Saingi Nintendo, Sega Ikut Perbarui Konsol Lawas

Kompas.com - 27/07/2016, 11:32 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Bulan Juli 2016 bisa dikatakan sebagai bulan nostalgia bagi para gamer. Setelah Nintendo merilis konsol Clasic Mini, kini giliran Sega dengan konsol bernama Mega Drive.

Perangkat tersebut diumumkan bertepatan dengan hari jadi franchise Sonic the Hedgehog yang ke-25 tahun.

Baca: Nintendo Perbarui Konsol Lawas NES dalam Versi Mini

Seperti namanya, konsol ini dapat digunakan untuk memainkan game-game lawas dari era game 8-bit Mega Drive tahun '90-an.

Produk ini bisa dimainkan oleh dua orang sekaligus menggunakan controller nirkabel. Uniknya, desain dari controller tersebut mirip dengan Mega Drive zaman dulu.

Menariknya, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Next Web, Rabu (27/7/2016), konsol ini mendukung cartridge (gamer zaman dulu lebih gemar memanggilnya sebagai "kaset") dari Mega Drive sebelumnya.

Itu artinya, bagi Anda yang masih memiliki "kaset" dari zaman dulu, bisa memasang dan memainkannya kembali di konsol baru tersebut.

Sudah tidak memiliki cartridge? Tenang saja, pasalnya Sega sudah memasukkan 80 judul game terpopuler Sega ke konsol Mega Drive ini. Judul-judul klasik, seperti Sega, Mortal Kombat, Golden Axe, dan Comix Zone dapat dijajal langsung melalui konsol ini.

The Next Web Mega Drive portable

Konsol Mega Drive ini bakal hadir dalam dua versi. Versi pertama seperti yang sudah dijelaskan. Sementara itu, versi kedua dilengkapi dengan layar 3,5 inci, diperuntukan bagi yang ingin membawanya ke mana-mana.

Konsol Mega Drive ini digarap oleh perusahaan asal China bernama AT Games, yang mendapat lisensi resmi dari Sega.

Kedua versi Mega Drive ini bakal tersedia di bulan Oktober mendatang. Keduanya memiliki banderol yang sama, yakni 65 dollar AS atau setara Rp 900.000.

Belum diketahui apakah Mega Drive bakal dijual resmi di Indonesia atau tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.