Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prediksi "Nasib" Pokemon Go Dua Bulan Mendatang

Kompas.com - 27/07/2016, 12:23 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - "Pokemon Go" menjadi aplikasi game yang paling banyak diunduh di Apple App Store dalam pekan debutnya. Firma analis Sensor Tower yakin game keluaran Nintendo itu bakal memecahkan lebih banyak rekor di masa depan.

Sensor Tower memprediksi Pokemon Go bakal diunduh 100 juta kali di iOS dan Android dalam kurun waktu dua bulan pasca diluncurkan resmi, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (27/7/2016) dari Techcrunch.

Perkiraan itu terhitung masuk akal. Pasalnya, menutup pekan lalu Pokemon Go sudah diunduh 50 juta kali pada platform Android melalui Google Play Store. Angka itu diraup dalam 19 hari setelah peluncuran resminya di beberapa negara.

Tentu penetrasi Pokemon Go sudah lebih dari angka itu. Pasalnya, jumlah tersebut belum ditambah dengan pengunduh iOS dan basis pengguna di negara-negara non resmi seperti Indonesia.

Menciptakan budaya baru

Jika perkiraan Sensor Tower benar, maka tak berlebihan Pokemon Go disebut menciptakan budaya modern baru. Game berbasis augmented-reality dan global positioning system (GPS) tersebut mampu mendorong netizen untuk bergerak ke sana ke mari demi memburu monster-monster liar.

Sebagai gambaran, aplikasi kencan Tinder yang populer di kawasan AS dan Eropa sudah mencapai angka unduhan 100 juta kali per Januari 2016. Namun perlu diingat bahwa aplikasi itu sudah dirilis sejak 2012.

Mengumpulkan 100 juta unduhan dalam waktu dua bulan tentu bukan hal mudah. Keyakinan Sensor Tower pada Pokemon Go didasarkan pada keunikan game tersebut. Sensor Tower mengidentifikasikan Pokemon Go bukan sebagai aplikasi game semata, namun lebih ke aplikasi pengalaman sosial.

Ingress ikut populer

Fakta lain yang menarik adalah Pokemon Go mampu menarik popularitas Ingress yang merupakan game berbasis GPS dan AR pertama buatan Niantic Labs. Saat ini, Ingress masuk ke jajaran top 10 pada App Store Jepang untuk pertama kalinya sejak dibuat 2012 lalu.

Ingress dan Pokemon Go sama-sama digarap oleh Niantic Labs. Pendiri Niantic Labs, John Hanke, punya hasrat tinggi pada game berbasis GPS. Ia menghabiskan waktu 20 tahun hingga akhirnya merealisasikan Pokemon Go. (Baca: Perjuangan 20 Tahun Kreator Pokemon Go)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com