Kompas.com - 27/07/2016, 16:44 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Font atau bentuk tulisan yang didesain sendiri banyak digunakan oleh perusahaan teknologi. Google punya font bernama Roboto, Apple pun punya San Francisco. Samsung rupanya tak mau ketinggalan.

Pabrikan elektronik asal Korea Selatan ini belakangan memperkenalkan font miliknya yang bernama SamsungOne. Font khusus yang akan dipakai di semua perangkat Samsung ini diharapkan membuat produk-produknya lebih eksklusif dan mudah dikenali.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (27/7/2016), SamsungOne rencananya bakal dipakai di semua jenis produk Samsung, mulai dari smartphone, televisi, hingga kulkas, juga dalam materi kampanye-kampanye pemasarannya.

SamsungOne bukan hanya terdiri dari satu jenis font. Ia adalah keluarga script yang mencakup 26 sistem penulisan, serta lebih dari 400 bahasa dan 25.000 simbol gambar.

Artinya, SamsungOne bakal bisa dipakai di produk-produk Samsung yang dipasarkan di semua belahan dunia, apa pun bahasanya.

Samsung pun bisa memiliki identitas visual sendiri yang terpisah dari pihak lain, misalnya dalam urusan sistem operasi Android di ponsel pintar.

Tanggal kemunculan perdana SamsungOne di perangkat-perangkat buatan Samsung masih belum disebutkan.

SamsungOne dibikin melalui kerja sama dengan firma desain Brody Associates dan sejumlah spesialis. Menurut Samsung, di balik font baru tersebut ada lima prinsip tipografi, yakni humanist, distinctive, universal, expert, dan legible.

Cerita penciptaannya bisa disimak dalam video di bawah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.