Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huruf di Perangkat Samsung Didesain Khusus

Kompas.com - 27/07/2016, 16:44 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Font atau bentuk tulisan yang didesain sendiri banyak digunakan oleh perusahaan teknologi. Google punya font bernama Roboto, Apple pun punya San Francisco. Samsung rupanya tak mau ketinggalan.

Pabrikan elektronik asal Korea Selatan ini belakangan memperkenalkan font miliknya yang bernama SamsungOne. Font khusus yang akan dipakai di semua perangkat Samsung ini diharapkan membuat produk-produknya lebih eksklusif dan mudah dikenali.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (27/7/2016), SamsungOne rencananya bakal dipakai di semua jenis produk Samsung, mulai dari smartphone, televisi, hingga kulkas, juga dalam materi kampanye-kampanye pemasarannya.

SamsungOne bukan hanya terdiri dari satu jenis font. Ia adalah keluarga script yang mencakup 26 sistem penulisan, serta lebih dari 400 bahasa dan 25.000 simbol gambar.

Artinya, SamsungOne bakal bisa dipakai di produk-produk Samsung yang dipasarkan di semua belahan dunia, apa pun bahasanya.

Samsung pun bisa memiliki identitas visual sendiri yang terpisah dari pihak lain, misalnya dalam urusan sistem operasi Android di ponsel pintar.

Tanggal kemunculan perdana SamsungOne di perangkat-perangkat buatan Samsung masih belum disebutkan.

SamsungOne dibikin melalui kerja sama dengan firma desain Brody Associates dan sejumlah spesialis. Menurut Samsung, di balik font baru tersebut ada lima prinsip tipografi, yakni humanist, distinctive, universal, expert, dan legible.

Cerita penciptaannya bisa disimak dalam video di bawah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com