Kompas.com - 28/07/2016, 07:04 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Pada awal masa booming dot-com dulu, boleh dibilang tidak ada pengguna internet yang tak kenal Yahoo. Perusahaan ini merupakan raja mesin pencari di era 2000-an.

Situs-situs yang tercakup di bawah payungnya mencatat trafik internet paling tinggi. Valuasi Yahoo ketika itu pun mencapai 125 miliar dollar AS atau setara Rp 1.643 triliun

Tapi kini bintang Yahoo sudah meredup. Popularitas yang terpuruk dan kinerja keuangan yang tak kunjung membaik menyebabkan perusahaan itu mesti dilego ke pihak lain dengan nilai jauh lebih rendah dibanding masa jayanya dulu.

Sepanjang sejarah Yahoo banyak terjadi momen penting yang menentukan nasibnya. Berikut ini semblian di antaranya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PC World, Kamis (28/7/2016).

1. Didirikan

Perjalanan Yahoo dimulai pada akhir 1994, saat dua lulusan Universitas Stanford, Jerry Yang dan David Filo, meluncurkan mesin pencari Yahoo dengan mengumpulkan orang untuk menyusun indeks dari hasil kurasi ribuan situs yang ada di internet.

Kala itu ada lusinan pekerja yang disewa untuk pemproses permintaan pendataan indeks dari berbagai situs.

2. Go public

Pada April 1996, Yahoo melakukan penawaran saham perdana (IPO) di bursa Nasdaq. Saham yang awalnya diperdagangkan seharga 24,5 dollar AS per lembar sempat meroket 154 persen ke angka 43 dollar AS sebelum stabil di angka 33 dollar AS.

Kiprah hari pertama Yahoo di lantai bursa menandai antusiasme pasar di pertengahan 1990-an yang gencar menyambut apa pun yang berbau internet.

3. Tertinggi sepanjang sejarah

Saham Yahoo mencatat nilai tertingginya pada 3 Januari tahun 2000. Ketika itu saham perusahaan tersebut dihargai hingga 475 dollar AS per lembar.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber PC World

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.